5 Misteri Bendungan Jati Gede yang tak Banyak Diketahui Orang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bendungan atau waduk Jati Gede yang berada di Sumedang Jawa Barat, secara resmi dibuka lima tahun lalu. Walau terhitung baru namun, sudah memiliki banyak cerita mistis yang beredar di sekitar waduk.

Banyak warga yang mempercayai cerita mistis tersebut. Berikut lima hal mistis bendungan Jati Gede menurut chanel youtube konten sejarah sunda ‘Krisna Euy’:

  1. Dihuni Ular Raksasa Dengan Panjang 4 km

Bukan cerita baru jika warga banyak menemukan ular disekitar waduk, waduk Jati Gede memang menjadi tempat tinggal bagi spesies ular. Warga sekitar kerap menemukan ular kobra, ular sanca dan ular beracun lainnya dengan panjang 3 meter.

Namun, konon waduk ini dihuni oleh ular ghaib yang panjangnya hingga 4 kilo meter sangat panjangnya ular tersebut, tubuh ular itu membentang dari Kecamatan Wado sampai Kecamatan Darmaraja. Benar atau tidaknya cerita mengenai ular ini masih menjadi misteri.

  1. Legenda Kepiting Putih

Secara umum kepiting memiliki warna gelap seperti hijau keabu-abuan atau hijau ke hitam-hitaman. Kepiting putih dipercaya merupakan mahluk legenda yang berukuran besar.

Pembangunan waduk Jati Gede ini di percayai dapat membangunkan kepiting putih tersebut. Mitos mengenai kepiting putih ini sudah lama tersebar disekitar masyarakat waduk Jati Gede. Bahkan sebelum waduk ini dialiri air, misteri waduk Jati Gede seputar kepiting putih sangat ditakuti warga, pasalnya kepiting putih raksasa bisa menjebol bendungan suatu hari nanti.

  1. Ikan Mas Sebesar Pintu

Beberapa pemancing yang melakukan aktivitas diwaduk mengaku pernah dihampiri oleh ikan mas sebesar pintu. Warna ikan tersebut tampak merah menyala sehingga terlihat tidak lazim jika dibandingkan dengan ikan mas yang sesungguhnya.

  1. Buaya Putih

Cerita misteri mengenai buaya putih yang merupakan buaya jadi-jadian memang sudah biasa terdengar, buaya putih dipercaya sebagai sosok jelemaan jin yang tamak. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa buaya putih penunggu waduk Jati Gede merupakan musuh bebuyutan dari kepiting putih.

  1. Tumbal Waduk Jati Gede

Ketika ada manusia yang tenggelam dan tewas di perairan waduk, kejadian tersebut sering dihubungkan dengan ulah mahluk gaib penunggu waduk Jati Gede.

Danau buatan ini sudah menelan beberapa korban jiwa, sejak awal dibuka kasus pertama datang dari dua orang pemuda yang berenang di waduk Jati Gede diduga karena kakinya mengalami keram saat berenang lalu kedua pemuda ini tenggelam dan meninggal.

Reporter: Nining Melani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini