Harry Houdini

MATA INDONESIA, JAKARTA – Harry Houdini selalu disebut-sebut sebagai pesulap terbaik sepanjang masa. Pria kelahiran Budapestm Hungaria 24 Maret 1874 ini telah memukau dunia dalam aksi-aksi sulapnya yang hebat, seperti ‘Milk can Escape’ dan ‘Chinese Water Torture Cell’.

Namun, Houdini yang kerap dijuluki sebagai ‘Einstein’ dalam dunia sulap mati secara misterius pada 1926.

Selain kematiannya, hal menarik lainnya dari Houdini adalah 5 fakta tentangnya yang jarang diungkap ke publik. Berikut ulasannya:

1. Berasal dari Keluarga Pesulap

Houdini sering disebut sebagai pesulap dengan bakat yang luar biasa, sebagian meyakini ia tidak berasal dari keluarga yang sama-sama penyulap. Namun, faktanya, Houdini berasal dari keluarga pesulap yang sudah malang-melintang di dunia magis. Ia pernah bermain sulap ‘Hardeen’ bersama kakak kandungnya.

2. Nama Asli

Nama asli Harry Houdini adalah Ehrich Weiss. Hal ini tak banyak diketahui, bahkan oleh para pesulap-pesulap muda saat ini.

3. Cinta Amerika

Meski lahir di Budapest, Hungaria, Houdini ternyata lebih mencintai Amerika Serikat (AS) ketimbang tanah kelahirannya. Bahkan, agar diakui sebagai orang AS, ia pernah memalsukan identitas dengan menyebut lahir di Wisconsin, AS. Ia pernah bergabung dengan pasukan Perang Dunia I, demi mengabdi untuk AS.

4. Sulap Borgol

Harry Houdini mulai dikenal pada 1899, melalui aksi turnya di berbagai kota di AS dan Eropa. Ciri khas utama pertunjukan sulap houdini adalah borgol. Dari situlah ia kemudian dikenal sebagai ‘King of Handcuffs’.

5. Anti Mistis

Jika kamu menganggap pesulap dekat dengan hal-hal berbau mistis, maka kamu salah. Itu tak terbukti pada sosok Houdini, yang menentang segala bentuk mistis dan supranatural. Pada tahun 1920, Houdini mulai membongkar segala sihir, untuk membongkar segala bualan dari para dukun spiritualis atau cenayang yang mengaku punya kekuatan gaib.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here