5 Fakta Monster Loch Ness yang Masih Misterius hingga Kini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 21 April 1934, sebuah foto yang menggambarkan sosok monster misterius di danau air tawar Loch Ness, Skotlandia dipublikasikan oleh Daily Mail. Foto itu adalah hasil tangkapan Robert Kenneth Wilson, dua hari sebelum publikasi.

Monster yang digambarkan berleher panjang itu tampak muncul di permukaan danau. Namun, bentuk dan rupanya tidak begitu jelas, sehingga menimbulkan kontroversi, ada yang percaya dan tidak.

Monster Loch Ness

Hingga kini, masih banyak hal yang belum terungkap di balik kemunculan sosok monster tersebut. Mengutip berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang Monster Loch Ness:

1. Tidak Cukup Bukti

Sama seperti informasi adanya Yeti atau Bigfoot, kemunculan Monster Loch Ness atau biasa disebut Nessie ini tidak cukup bukti kebenarannya. Bahkan, sebagian ilmuwan menyebut foto itu adalah palsu alias hoaks.

2. Rekaman Video 2007

Pada tahun 2007, seseorang bernama Gordon Holmes mengkalim dirinya merekam kemunculan Nessie di danau tersebut. Ia menyebarkan video itu dan menyebut Nessie benar-benar nyata.

3. Plesiosaurus

Mereka yang percaya keberadaan Nessie, menyebut monster itu adalah salah satu spesies Plesiosaurus, sisa-sisa era Dinonasaurus yang diduga telah punah jutaan tahun lalu.

4. Mitos Tua Skotlandia

Sebelum gempar foto tersebut, masyarakat Skotlandia sudah mempercayai keberadaan monster di danau Loch Ness. Namun, mereka tak menggambarkannya dengan bentuk seperti di foto yang dipublikasikan.

5. Pembuktian Foto Palsu

Foto ini dikenal sebagai ‘Surgeon’s Photograph’ dan 60 tahun kemudian dipastikan bahwa foto itu palsu, yang dibuat untuk membalas dendam setelah sebuah surat kabar meledek wartawan Marmaduke Wetherell karena menemukan bekas jejak Nessie di pantai.

Monster yang ditangkap oleh kamera Wilson sesungguhnya kapal selam mainan yang ia beli di toko serba ada, dengan kepala yang dibuat dari dempul kayu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini