5 Fakta Besar ‘Festival Film Cannes’ yang Genap Berusia 73 Tahun

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – 73 tahun lalu, tepatnya 20 September 1946, Festival Film Cannes pertama kali diselenggarakan. Tentunya, pada saat itu, suasana kota Cannes di Prancis belum semeriah sekarang, film-film yang diikutsertakan juga masih sedikit, baik jumlah maupun genre-nya.

Tapi, festival itu terus berkembang selama bertahun-tahun, menjadikannya satu ajang paling bergengsi di dunia. Normalnya, Festival Film Cannes selalu diselenggarakan pada bulan Mei setiap tahun, lalu akan dipilih penerima trofi berkelas Palme d’Or untuk film terbaik. Terakhir, tahun 2019 ini, penerima penghargaan itu adalah film dari Korea berjudul ‘Parasite’ besutan sutradara Bong Joon-ho.

Nah, ada sejumlah fakta menarik tentang Festival Film Cannes yang wajib kalian ketahui, seperti berikut ini:

1. Palme d’Or atau Palem Emas

Pada tahun 1954, manajemen festival memutuskan untuk memberikan sebuah penghargaan setiap tahunnya untuk para peserta. Akhirnya, pengrajin perhiasan bernama Lucienne Lazon dipercaya untuk mendesainnya. Kemudian, pada festival tahun 1955, piala ini pertama kali diserahkan secara resmi kepada Delbert Mann untuk film Marty sebagai yang terbaik.

2. Big Three

Festival Film Cannes merupakan salah satu dari ‘Big Three’ bersama Festival Film Venesia dan Festival Film Internasional Berlin. Ketiganya memiliki sejarah dan pengaruh yang kuat dalam industri perfilman, meski banyak orang sepakat, Festival Film Cannes tetaplah raja dari para pesaingnya tersebut.

3. Tahun 1939 dan Perang Dunia II

Sebenarnya, Festival Film Cannes akan diselenggarakan pada tahun 1939. Bahkan, poster festivalnya sudah dirancang dan disebar oleh sepupu Toulouse-Lautrec, bernama Jean-Gabriel Domergue. Sayangnya, tahun itu juga, Perang Dunia II pecah di Eropa, Prancis termasuk salah satu negara terdampak parah. Festival Film Cannes akhirnya ditunda, dan baru digelar pada 1946.

4. Nama Sebelum Cannes

Nama Cannes merujuk pada sebuah kota kecil di Prancis, tempat festival ini diselenggarakan sejak awal hingga saat ini. Sebelumnya hingga tahun 2002, festival ini bernama International Film Festival atau Festival International du Film. Jauh sebelum itu, Festival Film Cannes dinamakan Grand Prix du Festival International du Film.

5. Perubahan Ketua Juri

Sejak awal diselenggarakan hingga tahun 1959, ketua juri dalam Festival Film Cannes haruslah orang Prancis, sedangkan anggotanya bebas dari negara manapun. Sistem ini kemudian didobrak, dan terpilihlah Georges Simenon dari Belgia pada tahun 1960 sebagai ketua juri pertama yang berasal dari luar Prancis.

 

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini