Ilustrasi

MINEWS, JAKARTA– Banyak yang menganggap bahwa fashion yang sedang tren saat ini adalah murni buah karya para desainer-desainer ternama, terutama dari dunia Barat.

Namun, ternyata dunia Barat dalam mengembangkan fashion justru terpengaruh cara-cara berbusana masyarakat Muslim di masa lampau, terutama era kejayaan Islam di Spanyol.

Mengutip mvslim.com, berikut 4 fakta bahwa gaya hidup Muslim berpengaruh terhadap revolusi fashion di dunia, hingga saat ini:

1. High Heels

Jenis sepatu populer high heels atau hak tinggi tenar sebagai gaya busana masyarakat Spanyol era kejayaan Islam di masa lampau. Semakin tinggi sepatunya, maka semakin tinggi status sosial yang disandang seseorang. Tren berbusana ini populer bahkan hingga ke Italia dan Turki.

2. Pengaruh Ziryab

Ditengah amburadulnya cara berbusana dan gaya hidup masyarakat Eropa di abad pertengahan, pada abad 8 hingga 9 Masehi, seorang tokoh Muslim bernama Ziryab datang dari Baghdad ke Spanyol dan menjadi sosok besar di balik perkembangan mode dan budaya.

Ziryab mengajarkan masyarakat Eropa memilih bentuk pakaian yang baik, gaya rambut, selera musik hingga aturan main di meja makan.

3. Kalender Mode

Masyarakat Eropa mulai mengenal kalender mode melalui peradaban Islam di Spanyol. Kalender mode menentukan busana apa yang tepat dipakai menyesuaikan musim.

4. Gaya Rambut

Perempuan Spanyol merapikan dan mengubah gaya rambutnya menjadi kepang tunggal di bagian belakang dengan poni terurai di depan sebagai tanda keberanian, setelah Islam masuk.