22 Tahun Lalu, Apple Luncurkan iMac Pertama ke Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – 7 Mei 20 tahun lalu, Apple pertama kali memperkenalkan iMac sebagai computer MacMacintosh. Dengan konsep all-in-one, komputer ini dibuat dengan tujuan untuk meraih pengguna di rumah dan sekolah-sekolah.

Tak hanya itu, para kritikus yang mendukung produk ini melihat iMac sebagai inovasi dalam desain komputer pada saat itu. Mereka menilai teknologi Apple ini merupakan desain komputer pribadi pertama yang mengutamakan seni sebagai tujuan utamanya.

Konsep all-in-one iMac mengaplikasikan layar dan unit proses pusatnya (central processing unit) ditampung dalam satu kemasan. Ya, konsep ini sudah menjadi tradisi Apple Computer dalam menciptakan komputer all-in-one.

Di awal peluncuran pertamanya, perangkat ini menggunakan prosesor PowerPC/G3 233 MHz dan bagian luarnya diberi warna Biru Bondi. Rancangan ini diprakarsai Jonathan Ive, yang sekarang adalah wakil kepala Desain Industri di Apple Computer.

Beberapa bulan kemudian Apple merilis revisi selanjutnya (rev. B atau rev. 2) dari mesin iMac G3 233 MHz ini. Yakni dengan menambah jumlah Video RAMnya (VRAM) menjadi 6MB dan beberapa revisi pada perangkat kerasnya juga (kabel dari papan analog video serta papan pemasok kekuatan listrik/catu daya).

iMac adalah langkah pertama untuk mengubah persepsi masyarakat dan kesuksesan Apple Computer. Produk ini adalah tahap pertama dari banyak inovasi yang diperkenalkan oleh Steve Jobs yang merupakan pemimpin sementara pada saat itu.

Meskipun Apple Computer memiliki pangsa pasar yang kecil, iMac telah membuat masyarakat sadar akan keberadaaan perusahaan tersebut. Dan bahkan telah memberi ilham bagi usaha lain untuk menjiplak cara kerja mereka.

Dengan desain yang mengingatkan banyak orang akan produk Macintosh yang pertama kali, iMac memiliki handle yang memungkinkan orang untuk menenteng komputer tersebut ke mana-mana.

iMac juga mengadopsi desain Macintosh yang tidak memungkinkan pengguna untuk menambah piranti keras lainnya ke dalam komputer. Tetapi pengguna yang banyak akal bisa menggunakan cara jitu untuk mengatasinya.

Menariknya, iMac adalah computer Apple pertama yang mengadopsi prosesor Intel Core Duo di bulan Januari 2006 dan kemudian Intel 2 Core 2 Duo di Agustus 2006.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini