10 Fakta Menarik MI-26, Helikopter Raksasa di Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Jika ada seseorang bertanya apakah ada helikopter terbesar di dunia? Jawabannya ‘Ada’. Jenis helikopter tersebut adalah MI-26 milik Rusia.

Helikopter raksasa ini bisa berfungsi mengangkut truk, tank, helikopter lain, pesawat besar. Bahkan puluhan anak beruang kutub dengan mudah.

Dengan panjang 40 meter, MI-26 adalah kebanggaan industri helikopter Soviet dan Rusia. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun ’80-an, saat ini sudah ada 318 unit yang diproduksi.

Buat yang penasaran seperti apa sih kemampuan helikopter raksasa ini, berikut 10 fakta menarik MI-26:

1.Helikopter ini dapat mengangkut hingga 20 ton kargo, baik di dalam badan helikopter itu sendiri atau dengan menggunakan kabel.

2.Mampu memuat 90 penerjun payung atau 100 tentara terluka yang terbaring. Bahkan MI-26 memiliki ruang kargo cukup besar untuk mengakomodasi arena bola basket.

3.MI-26 memulai debutnya di Afganistan pada 1984. Yakni dengan fungsi mengangkut peralatan tempur, mengevakuasi prajurit-prajurit yang terluka dari medan perang, dan menyelamatkan helikopter Mi-8 yang rusak.

4.Pada 2002, MI-26 digunakan untuk mengevakuasi dua helikopter Chinook MH-47E yang rusak dan satu AS532 Cougar dari pegunungan.

5.Helikopter MI-26 memang mempu mengangkut tank ringan dan kendaraan tempur infanteri dengan mudah.

6.Tak hanya digunakan oleh militer. MI-26 juga digunakan di sektor industri untuk mengangkut bahan mental atau material dan membantu konstruksi.

7.MI-26 bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran dan pernah menyelamatkan orang-orang setelah bencana nuklir Chernobyl.

8.Pada 2009, MI-26 mengangkut pesawat Tu-134 dari Bandara Pulkovo ke pusat pelatihan Kementerian Situasi Darurat Rusia.

9.MI-26 pernah dikerahkan untuk menyelamatkan seekor anak beruang Kutub yang kehilangan induknya di Kutub Utara. Anak beruang itu berhasil diselamatkan dan dibawa ke cagar alam.

10.Muatan paling tak biasa pernah diangkut helikopter terbesar di dunia ini adalah bangkai mamut beku seberat 20 ton

View image on Twitter

Sayangnya, Mi-26 pun memiliki catatan kecelakaan helikopter paling mematikan dalam sejarah. Pada 2002, selama Perang Chechnya Kedua, sebuah Mi-26 diledakkan dari langit oleh militan Chechnya. Ledakan itu menewaskan 127 orang di dalamnya.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini