Valencia Jadi Lintasan Terakhir, Jorge Lorenzo Umumkan Pensiun dari MotoGP

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-MotoGP Valencia, Spanyol yang akan berlangsung Minggu 17 November 2019 akan menjadi balapan terakhir pebalap Repsol Honda Team Jorge Lorenzo. Pasalnya, pembalap asal Spanyol ini telah mengumumkan diri untuk pensiun.

Selama mengikuti MotoGP, Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

Keputusan mundur dirinya karena tak lagi memiliki motivasi baru di ajang tersebut. Dia mengaku gagasan untuk mengakhiri kariernya di MotoGP sebenarnya mulai muncul setelah balapan MotoGP Belanda 2018, pada 30 Juni.

Namun, Lorenzo masih berusaha terus menundanya, dan mencari motivasi baru. Namun, ternyata dia tak lagi memiliki ambisi baru yang bisa menyelamatkan kariernya. Pembalap asal Mallorca itu tak mau terus membalap hanya untuk sekadar mencari poin atau finis di urutan kelima atau keenam, bahkan di posisi belakang.

Saat itulah, dia menyadari saatnya untuk menutup lembar kehidupannya di MotoGP sudah tiba.

“Setelah jatuh di Assen (MotoGP Belanda), kemungkinan pensiun mulai masuk akal. Saya ingin menunda keputusan itu selama mungkin. Saya ingin menjalani tur Asia dan melihat apakah saya mampu mengembalikan motivasi dan tampil sedikit lebih baik di motor Honda,” kata Lorenzo, seperti dilansir AS.

“Tapi, saya tak bisa menemukan motivasi itu. Setelah MotoGP Malaysia saya membuat keputusan dan menyampaikannya kepada Alberto Puig (bos Honda),”.

Dalam kesempatan tersebut, Jorge Lorenzo juga secara khusus meminta maaf kepada Honda karena tak bisa memenuhi harapan tinggi mereka.

Setelah pensiun, Jorge Lorenzo mengaku akan melakukan banyak hal. Namun, dia mengatakan belum memikirkannya secara detail.

“Saya belum merencanakan hidup saya. Saya akan menikmati liburan panjang setelah musim dingin, di suatu tempat yang kaya sinar matahari dan di pantai. Setelah kembali barulah saya melihat apa yang akan dilakukan,” kata Lorenzo.

Diketahui, pebalap kelahiran Spanyol, 4 Mei 1987 memulai kariernya di balap MotoGP pada 2008. Ia tercatat sudah lima kali menjadi juara dunia di ajang balap motor, tiga di antaranya di kelas MotoGP. Kariernya moncer saat masih memperkuat Yamaha pada 2008 hingga 2016.

Selama mengikuti MotoGP, Jorge Lorenzo sudah balapan sebanyak 202 kali. Dia mencatatkan 47 kemenangan, 117 podium, dan 43 pole. Lorenzo mengumpulkan 2.896 poin.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini