Mal di Jawa Barat bakal buka secara serentak pada akhir Mei 2020
Mal di Jawa Barat bakal buka secara serentak pada akhir Mei 2020

MATA INDONESIA, JAKARTA-Setelah Jakarta, rencana 72 mal di bawah naungan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat (Jabar) bersiap kembali untuk membuka operasional mereka setelah sejak akhir Maret lalu ditutup sementara imbas pandemi corona.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Barat (Jabar) Arman Hermawan.

Ia mengatakan usai masa pemberlakukan Pembatasan Berskala Besar (PSBB) pada 29 Mei nanti, 72 mal ini akan membuka operasionalnya. Namun pembukaan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan masa penerapan New Normal yang bakal mulai diterapkan pemerintah Indonesia.

“Tentunya tanggal 30 itu tidak bisa buka 100 persen ya, kita coba buka dulu, ibaratnya soft opening lah. Kita mengatur segala sesuatunya dengan baik, mungkin seminggu setelah itu baru bener-bener bisa buka full,” kata Arman, Rabu 27 Mei 2020.

untuk Kesiapan mal di Jawa Barat dalam menyambut New Normal, Arman menyebut, 72 mal ini sudah beberapa kali melakukan persiapan atau simulasi di masing-masing pusat perbelanjaan terhadap untuk melakukan standar protokol kesehatan.

Adapun standar utamanya mulai dari penjagaan di pintu-pintu masuk, yaitu dengan termogram atau termometer untuk mengecek suhu tubuh para pengunjung dan karyawan toko maupun karyawan dari pusat belanja itu sendiri.

Penggunaan masker pun wajib bagi setiap pengunjung dan karyawan toko. Termasuk keberadaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer di setiap titik pintu masuk-keluar dari eskalator maupun pintu masuk lift.

Pihaknya pun bakal melakukan penyemprotan berkala disinfektan di dalam area pusat belanja maupun sekitarnya.

Di sisi lain, Arman menyebut, akan membatasi kapasitas kunjungan ke pusat perbelanjaan maupun di dalam tenant dengan membatasi  jumlah kepadatan pengunjung. Hal ini dilakukan dengan cara checker atau counting kendaraan yang masuk maupun pengunjung yang masuk.

Sementara itu Arman menyampaikan, usai melakukan soft opening serentak di 72 mal, APPBI Jawa Barat akan mengevaluasi sejauh mana kesiapsiagaan pusat perbelanjaan maupun tenant-tenant dalam mengikuti arahan masa New Normal.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here