Rupiah Ditutup Perkasa Efek Buruknya Data Tenaga Kerja AS

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup menguat di akhir perdagangan Kamis, 26 November 2020. Mengutip data Bloomberg, rupiah berada di posisi Rp14.100 per dolar AS atau menguat 0,31 persen.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, penguatan mata uang garuda ditopang oleh data tenaga kerja yang memburuk.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan 778 ribu klaim musiman tambahan diajukan pada pekan lalu. Hal ini meningkatkan kekhawatiran investor atas memburuknya pemulihan ekonomi negeri tersebut.

“Artinya pengangguran meningkat, jadi ini sentimen yang menekan dolar sejak tadi pagi,” ujarnya, Kamis sore, melansir CNNIndonesia.com.

Sementara dari dalam negeri, keperkasaan rupiah didukung oleh surplus neraca transaksi berjalan sebesar 964 juta dolar AS per kuartal III 2020. Jumlah ini naik setelah sekian lama mengalami defisit neraca transaksi berjalan.

Surplus neraca transaksi berjalan yang setara dengan 0,4 persen produk domestik bruto (PDB) itu didukung perbaikan kinerja ekspor dan tertahannya aktivitas impor sejalan dengan lemahnya permintaan domestik di tengah pandemi covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini