PSG dan Kutukan Debutan Final Liga Champions

Baca Juga

MATA INDONESIA, LISBON – PSG bukan satu-satunya tim debutan yang gagal menjuarai final Liga Champions. Sebelumnya, ada beberapa tim yang juga pertama kali lolos ke final dan kalah.

PSG untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions. Berstatus debutan, Les Parisiens gagal menjadi juara usai dikalahkan Bayern Muenchen dengan skor 1-0, Senin 24 Agustus 2020 di Estadio da Luz.

Dortmund adalah tim debutan terakhir yang mampu menjuarai Liga Champions di 1997. Di final, mereka mengalahkan Juventus dengan skor 3-1. Sejak itu, tak pernah ada lagi tim debutan yang menjuarai Liga Champions. Setidaknya ada tujuh tim debutan yang gagal menjuarai Liga Champions sejak Dortmund di 1997.

Tim debutan pertama yang gagal juara Liga Champions adalah Valencia. Mereka maju ke final Liga Champions musim 1999/00, tapi tak mampu menundukkan Real Madrid.

Di 2002, Bayer Leverkusen untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions. Kembali, tim debutan gagal menjadi juara. Leverkusen ditaklukkan Real Madrid dimana Zinedine Zidane mencetak gol indah.

AS Monaco menjadi tim debutan selanjutnya di final Liga Champions 2004. Sayang, tim besutan Didier Deschamps kala itu disingkirkan Porto asuhan Jose Mourinho dengan skor 0-3.

Di 2006, Arsenal melangkah ke final Liga Champions menantang Barcelona. The Gunners sepertinya bisa juara ketika unggul lebih dulu melalui gol Sol Campbell. Tapi, kartu merah yang diterima Jens Lehmann menjadi awal petaka. Barcelona membalikkan skor 2-1 berkat gol Samuel Eto’o dan Juliano Belletti.

Tim debutan selanjutnya yang gagal menjuarai Liga Champions adalah Chelsea di 2008. Mereka ditaklukkan Manchester United melalui adu penalti. Padahal, Chelsea di ambang juara andai penendang penalti kelima, John Terry bisa mencetak gol. Tapi, dia terpeleset dan bola membentur tiang. Setelah itu, Edwin van der Sar menjadi pahlawan dengan menepis penalti Nicholas Anelka.

Tim terakhir adalah Tottenham Hotspur. Mereka untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions musim lalu. Di final, tim besutan Mauricio Pochettino dikalahkan Liverpool 0-2.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini