Perkenalkan! Kevin Sunti, Putra Asli Flores yang Jadi Perwira Angkatan Udara AS

Baca Juga

MINEWS, FLORIDA – Nama Kevin Sunti beberapa hari terakhir ini menjadi viral di jagad maya. Anak muda asal Karot, Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini dilantik menjadi Perwira Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) pada Sabtu, 2 November 2019.

Anak kedua dari dari pasangan Fredi Sunti dan Triana Sunti ini merupakan lulusan United States Air Force Academy (US Air Force). Ia menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menyelesaikan pendidikannya.

Kabar pelantikannya diungkapkan sendiri oleh sang ayah. Ia menjelaskan, usai dilantik Kevin akan bertugas sebagai pilot pesawat tempur angkatan udara AS di Jerman.

“Dia (Kevin Sunti) dilantik secara resmi Sabtu besok pukul 09.00 pagi menjadi perwira angkatan udara AS,” kata Fredi pada Jumat, 1 November 2019.

Menurut Fredi, putranya seusai menamatkan pendidikan dasarnya, langsung melanjutkan SMP di Amerika karena mendapatkan beasiswa dari pemerintah setempat.

Awalnya, ia mendapat informasi dari media CNN News soal program beasiswa bagi putra-putri berprestasi yang ingin menempuh pendidikan di Angkatan Laut dan Angkatan Udara AS. Setelah itu, ia lansung mengantar buah hatinya untuk melanjutkan pendidikan di sana.

Sebenarnya Kevin mengikuti jejak sang kakak, Tania Sunti yang lebih awal lolos menjadi perwira US Nevy atau Angkatan Laut Amerika Serikat pada 2017 silam. Ia kini tengah bertugas di Jepang sebagai Mekanik Kapal perang milik pemerintah Amerika Serikat.

Kevin berpose bersama kakaknya Tania Sunti dan sang ayah Fredi Sunti (doc: facebook Fredinand Sunti)

Fredy mengungkapkan bahwa kedua anaknya itu menjadi perwira militer AS karena memiliki prestasi cemerlang sehingga mendapatkan beasiswa dari pemerintah di sana.
“Tania punya prestasi dan Kevin juga punya prestasi, makanya bisa lolos di Akademi militer Amerika,” ujarnya.

Ia juga mengakui bahwa kesuksesan kedua buah hatinya itu tak terlepas dari campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa melalui doa dan restu para leluhur.

Fredi juga mengakui bahwa dirinya sering pergi Amerika Serikat untuk menjalankan bisnisnya. “Saya punya bisnis kan jual kopi. Jual ke Amerika sehingga sering pergi ke Amerika,” katanya.

Ia mengaku sangat bahagia dengan prestasi kedua buah hatinya karena bisa mengharumkan nama Manggarai, Flores di negeri Paman Sam itu.

Fredi mengisahkan cara mendidik kedua buah hatinya itu dengan penuh rasa kasih sayang. Ia juga mengaku mendidik mereka dengan menggunakan gaya budaya Manggarai, Flores.

Ia juga selalu menyelipkan pesan kepada kedua buah hatinya agar selalu rendah hati dan tetap mencintai keluarga serta kampung halaman tercinta.

“Neka hemong kuni agu kalo-bahasa Manggarai (tidak boleh lupa dengan kultur atau adat istiadat kampung halaman Manggarai,” ujarnya.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini