Penjelasan Wings Air Mendarat Darurat di Nabire

Baca Juga

MINEWS, NABIRE – Pesawat Wings Air bernomor IW-1628 dengan tujuan Bandar Udara Sentani return to base (RTB) atau kembali ke bandara awal, Bandar Udara Nabire, Jumat 19 September 2019.

Keputusan itu diambil sesuai prosedur operasional dikarenakan membutuhkan pengecekan di darat. “Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan kembali ke bandar udara keberangkatan,” kata Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro di Jakarta.

Danang mengaku, sebelum diberangkatkan, pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WGO telah menjalani pemeriksaan dan pengecekan lebih awal (pre-flight check), pesawat dinyatakan laik terbang (airworthy for flight). Pengoperasiannya pun dijalankan menurut dengan standar operasional prosedur (SOP).

Pesawat mengudara pada waktu keberangkatan 09.40 WIT dengan membawa dua penerbang, dua awak kabin serta 46 penumpang. Beruntung, pesawat mendarat normal pukul 10.07 WIT.

“Pesawat sudah berada di landas parkir (apron), seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat. Saat ini pesawat menjalani pengecekan lebih lanjut oleh teknisi,” ujarnya.

Wings Air, kata Danang, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul dari penumpang. Wings Air sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atas keterlambatan penerbangan dengan memberikan kompensasi serta fasilitas pengembalian dana (refund) atau perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) berdasarkan ketentuan berlaku.

Penerbangan IW-1628 akan diberangkatkan hari ini dengan menggunakan pesawat Wings Air lainnya, yang dierbangkan dari Jayapura. “Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu,” kata Danang.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini