Panik! Warga AS Antre Beli Senjata untuk Lindungi Diri dari Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona membuat kepanikan masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali Amerika Serikat (AS).  Bukan hanya tissue toilet dan bahan pangan saja banyak diburu warga AS, Mereka juga banyak membeli senjata berikut amunisinya.

Begitu banyak orang mengantre di toko-toko senjata dan memesan secara online sehingga beberapa pengecer harus membatasi penjualan karena kekurangan pasokan. Misalnya, antrean panjang terjadi di luar toko Martin Retting Guns di Culver City, California, sebelum toko dibuka, menurut USA Today.

“Orang-orang takut,” kata Drew Plotkin dari Los Angeles kepada USA Today.
“Ada banyak kepanikan di dunia dan orang-orang ingin dilindungi untuk skenario terburuk.”

Di AS, 69 orang telah meninggal karena virus corona. Jumlah aktual mungkin lebih tinggi karena pengujian terus menurun.

Untuk membatasi penyebaran Covid-19, beberapa kota di seluruh negeri sudah mulai menutup sekolah dan bisnis. Beberapa yang takut bahwa penutupan akan menyebabkan penjarahan sudah mulai menimbun senjata, menurut USA Today.

Ralph Charette (71) menghabiskan 1.500 dolar AS di sebuah toko senjata di Germantown, Wisconsin, setelah ia melihat pembeli agresif di toko kelontong, menurut surat kabar itu.

“Ada banyak ketidakpastian dan paranoia, tetapi Anda harus melindungi diri Anda sendiri,” kata Charette.

Virus corona yang diyakini berasal di Wuhan, Cina, tetapi sejak itu menginfeksi 169.387 orang dan membunuh 6.513 lainnya di seluruh dunia. Pandemi telah menyebabkan tindakan rasisme dan kebencian terhadap orang Amerika-Asia.

Pengecer di California mengatakan kepada Newsweek bahwa mereka telah melihat peningkatan dalam pelanggan Asia membeli senjata. “Itu gila,” David Liu, pemilik Arcadia Firearm & Safety di San Gabriel Valley mengatakan kepada Newsweek.

“Salah satu contohnya adalah pada tanggal 3 dan 4 Maret, saya memiliki 50 lebih orang datang ke sini untuk mengambil tes keamanan senjata api mereka dan setiap orang dari mereka membeli senjata. Itu sangat tidak biasa untuk toko kecil saya. ”

Liu, yang mengatakan kepada Newsweek bahwa orang Asia membeli senjata karena mereka takut menjadi sasaran, mengatakan bahwa distributornya kekurangan amunisi.

Dennis Lin, pemilik Gun Effects dan Cloud Nine Fishing di City of Industry, California, mengatakan kepada KABC bahwa ia juga melihat lebih banyak orang Asia-Amerika mempersenjatai diri. “Hanya orang yang melakukan diskriminasi,” kata Lin. “Kami lupa, kami semua orang. Kami di Amerika, kami tidak di Cina.”

Namun, tidak semua pelanggan mengantri. Pengecer online Ammo.com telah melaporkan kenaikan penjualan. Situs web tersebut melaporkan lonjakan penjualan hingga 68 persen antara pertengahan Februari dan awal Maret.

“Kami tahu hal-hal tertentu berdampak pada penjualan amunisi, sebagian besar peristiwa politik atau ketidakstabilan ekonomi ketika orang merasa hak mereka mungkin berakhir dilanggar, tetapi ini adalah pengalaman pertama kami dengan virus yang mengarah pada peningkatan penjualan,” Alex Horsman, manajer pemasaran di Ammo.com mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada USA Today.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini