Waspada, Asteroid Penghancur Rusia Menuju Bumi dengan Kecepatan 50 Ribu Km/jam
Ilustrasi asteroid dekati bumi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari Minggu 7 September 2020, Bumi kembali kedatangan tamu di angkasa, sebuah asteroid besar selebar 270 meter yang hampir dua kali lipat diameter bangunan bersejarah Colosseum di Roma, dan hampir dua kali tinggi Piramida Giza yang terkenal di Mesir.

Hal itu diungkapkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) menemukan “Objek Dekat Bumi” pada 2010 dan kini objek itu akan melintasi orbit bumi.

Asteroid, yang secara resmi dikenal sebagai objek ‘465824 (2010 FR)’ sedang menuju orbit Bumi dengan kecepatan luar biasa sekitar 50.530 km per jam (atau 14 km per detik), atau lebih dari 1,5 kali lebih cepat dari yang disebut tinggi oleh para ilmuwan kecepatan hipersonik.

“Objek yang dikenal sebagai asteroid ‘Apollo’ karena melintasi orbit Bumi, diyakini tidak menjadi ancaman bagi kehidupan di planet ini, “ kata astronom dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi Nasa.

Asteroid tersebut diperkirakan mencapai orbit Bumi pada 6 September, dan menjadi salah satu dari sepuluh flybys orbit dekat Bumi bulan depan. Dua asteroid lainnya seperti 2020 QG5 dan 2011 ESA, akan tiba pada Selasa, serta 2020 PG6 dan 465824 (2010 FR) akan tiba masing-masing pada 2 dan 6 September. NASA memperkirakan sepuluh asteroid flybys lagi muncul di bulan Oktober.

Para astronom tidak berhasil menemukan setiap asteroid yang mendekati Bumi sebelumnya. Awal bulan ini, asteroid berukuran 3 kali 6 meter melewati Bumi hanya 2.950 km di atas Samudera Hindia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here