Minyak Dunia Anjlok, ESDM Berencana Turunkan Harga BMM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Dalam dua hari terakhir ini, harga minyak dunia melemah. Atas dasar itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sedang mengkaji kemungkinan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Sedang dipelajari, sedang dihitung. Kami akan lakukan evaluasi dulu,” ujar Arifin di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin 9 Maret 2020.

Ia mengatakan kajian dilakukan karena pemerintah tak ingin terburu-buru menurunkan harga BBM. Pemerintah masih merasa perlu melihat tren penurunan harga minyak dunia terlebih dahulu.

Arifin khawatir pelemahan yang terjadi belakangan ini hanya bersifat sementara. “Kami masih akan lihat ini sementara atau bagaimana. Tiba-tiba kami antisipasi tapi ternyata (harga minyak) naik lagi, kan kami belum tahu,” kata Arifin.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan penurunan harga minyak dunia belakangan ini akan membuat beban impor PT Pertamina (Persero) berkurang. Pasalnya, penurunan akan membuat dana yang harus digelontorkan perusahaan pelat merah itu untuk membeli minyak turun.

“Kalau selama ini impor minyak cukup besar, berarti penurunan harga minyak ini akan berdampak pada penurunan beban di Pertamina,” katanya.

Oleh karena itu, ia yakin penurunan tersebut akan berdampak pada neraca keuangan Pertamina tahun ini. Namun, ia belum merinci kapan tepatnya penurunan tersebut akan berdampak pada neraca keuangan Pertamina.

Diketahui, harga minyak mentah dunia rontok ke posisi terendah dalam lebih dari 11 tahun terakhir pada perdagangan akhir pekan lalu. Minyak mentah berjangka Brent turun US$4,72 atau 9,4 persen ke posisi US$45,27 per barel.

Sementara, seperti dilansir Antara, Senin 9 Maret 2020, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) anjlok 4,62 US Dolar atau 10,1 persen menjadi 41,28 US dolar per barel. Harga ini merupakan yang terendah sejak Agustus 2016 lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini