Mien Sugandhi, Sang Pejuang Hak-hak Perempuan Tutup Usia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Jenazah mantan menteri Urusan Peranan Wanita era Soeharto, Siti Aminah Sugandhi atau lebih dikenal dengan Mien Sugandhi, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin 6 Januari 2020.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmavati atau Bintang Puspayoga menjadi inspektur upacara yang memimpin prosesi pemakaman Mien Sugandhi.

Prosesi pemakaman berlangsung haru, peti jenazah Menteri Urusan Peranan Wanita era Soeharto itu ditutupi dengan bendera merah putih. Seusai prosesi penaburan bunga dilakukan, Bintang Darmavati menyampaikannya belasungkawa atas meninggalnya Mien Sugandhi.

“Indonesia kehilangan salah satu perempuan hebat. Namun kenangan tentang beliau akan tetap hidup di hati kita semua, di hati seluruh peremuam Indonesia yang mencintainya.” ujarnya.

Bintang mengatakan Mien Sugandhi merupakans eorang ibu pejuang hak-hak perempuan. Seorang pembela kemanusiaan yang tulus serta ibu dari keluarga panutan yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan bagi keluarga maupun masyarakat Indonesia.

Dia juga mengungkapkan bahwa selama menjabat menteri PPPA Mien pernah menjadi ketua Delegasi Indonesia pada Konferensi Dunia Wanita ke-4 di Beijing, China pada Oktober 1995, sehingga menghasilkan Beijing Platform for Action.

“Beliau juga menjadi ketua penyelengara konferensi dunia menteri negara Asia Afrika dan non-blok di Beijing,” katanya.

Upacara pemakaman dihadiri oleh pihak keluarga, yaitu anak Sri Budhi Seoyono, para cucu yaitu Ir. Rr Siti Amelia Jojiana, R. Mohamad Arie Imam Santoso, dan R. Mohamad Imam Sidiqi, serta menantu yaitu Letnan Jenderal TNI (Purn) R.H. Seoyono.

Diketahui, Mien Sugandhi meninggal pada usia 85 tahun, pada hari Minggu 5 Januari 2020 pukul 21.45 WIB. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, dirinya dirawat selama satu bulan di RSPAD Gatot Soebroto.

Mien Sugandhi atau bernama lengkap Siti Aminah Sugandhi, lahir pada 28 Juli 1934. Dia adalah seorang politikus wanita Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Peranan Wanita periode 1993 hingga 1998. Miem Sugandhi pernah menjadi angggota DPR dan MPR pada 1977 hingga 1993, sebagai bagian dari Kabinet Pembangunan VI. (Anis Fairuz)

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini