Menlu Retno: Ada Enam Vaksin Corona Sudah Dalam Tahap Uji Klinis

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan mengenai perkembangan vaksin corona. Dalam jumpa pers yang disampaikan lewat sambungan video bersama awak media, Menlu Retno mengatakan sudah ada lebih dari 120 vaksin Corona COVID-19 yang diteliti di seluruh dunia.

“Ada lebih dari 120 vaksin yang dikembangkan di seluruh dunia. Enam di antaranya dalam proses uji klinis,” ujar Menlu Retno saat menyampaikan pernyataan pers, Rabu 29 April 2020.marsudi

WHO juga baru saja meluncurkan inisiatif Access to COVID-19 Tools Accelerators untuk mempercepat pengembangan dan produksi vaksin.

Pada saat vaksin nantinya usai dikembangkan dan obat-obatan yang saat ini sedang banyak dilakukan uji klinis telah selesai, maka yang menjadi pertanyaan adalah, apakah semua negara memiliki akses terhadap vaksin dan obat-obatan tersebut dengan harga terjangkau?

Menurut Menlu Retno, pertanyaan tersebut sangat relevan karena rezim paten internasional sering tidak compatible dengan keperluan umat manusia di seluruh dunia, terutama di negara berkembang dan kurang berkembang.

“Oleh karena itu, diplomasi Indonesia aktif memperkuat multilateralism dengan tujuan utama mewujudkan akses yg berkeadilan bagi negara-negara berkembang dan LDCs terhadap vaksin dan obat-obatan dengan harga terjangkau,” katanya.

Indonesia akan terus mendorong pemanfaatan semua fleksibilitas yang ada dalam rezim vaksin internasional, yang diatur dalam WTO maupun di WIPO, dan menjajaki langkah-langkah inovatif lainnya untuk mengatasi tantangan tersebut.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini