Menkes Gunakan Tamiflu untuk Obati Pasien Positif Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Perhimpunan dokter paru Indonesia (PDPI), merekomendasikan obat Tamiflu untuk mengobati pasien positif virus corona.

Hal itu disampaikan Menkes Terawan Agus Putranto dalam rapat virtual di Komisi IX DPR, Kamis 2 April 2020 malam. Obat itu digunakan lantaran belum tersedia obat atau vaksin khusus virus corona.

“Berdasarkan rekomendasi maupun protokol yang dikeluarkan oleh perhimpunan dokter paru Indonesia kita menggunakan tamiflu,” ujar Terawan.

Dia menjamin ketersediaan obat Tamiflu dan sudah disebar ke dinas kesehatan. Pemerintah telah menyebar 450.000 tablet Tamiflu.

“Sudah ada di dinas kesehatan dan sudah terbagikan dan kita kemarin membagikan kembali 450.000 tablet Tamiflu sesuai dengan protokol dari PDPI yang kita berikan ke rumah sakit,” katanya.

Obat Tamiflu ini akan diproduksi mandiri oleh negara. Terawan mengatakan, bahan baku obat tersebut telah tiba di Indonesia pada Rabu 1 April 2020. Pemerintah akan memproduksi sekitar 1 juta tablet dalam seminggu dua minggu mendatang.

Selain obat, pemerintah juga menyiapkan dokter spesialis untuk menangani pasien terpapar virus corona. Ada sebanyak 40.320 dokter yang tersebar di 2.877 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Sementara, jumlah ventilator yang disiapkan pemerintah di rumah sakit milik pemerintah dan swasta, sebanyak 8.413 dan tersebar di 2.867 rumah sakit di seluruh Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini