Kebakaran dan kerusuhan terjadi di Rutan kelas II B Kabanjahe, Rabu 12 Februari 2020. (Foto istimewa)
Kebakaran dan kerusuhan terjadi di Rutan kelas II B Kabanjahe, Rabu 12 Februari 2020. (Foto istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kerusuhan yang diikuti dengan kebakaran terjadi di rutan kelas IIB Kabanjahe di Jalan Bhayangkara, Karo Sumatera Utara, Rabu 12 Februari 2020. Atas insiden tersebut para narapidana yang ada di rutan dievakuasi.

“Iya benar terjadi kerusuhan dan kebakaran di Rutan Kabanjahe. Ini saya bersama dengan tim sedang menuju ke Karo,” uajr Humas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Josua Ginting saat dikonfirmasi wartawan.

Namun Joshua mengaku belum mengetahui persis penyebab kerusuhan dan kebakaran. Dia pun belum mengetahui ada tidaknya korban jiwa atau warga binaan yang melarikan diri dalam peristiwa ini.

Informasi yang beredar sempat terjadi aksi lempar baru dari dalam rutan. Namun info ini belum terkonfirmasi.

Belakangan api mulai membakar bangunan yang ada di penjara. Dalam video yang beredar di media sosial, api bahkan sudah membakar gereja yang ada di tengah Rutan. Sementara petugas pemadam kebakaran terus berjibaku untuk menjinakkan si jago merah.

Ratusan aparat kepolisian dan TNI diterjunkan ke lokasi untuk membantu mengendalikan situasi. “Sudah ada penanganan dari TNI/Polri setempat bersama kita,” kata Josua.

Kerusuhan dan kebakaran penjara ini bukan yang pertama di Sumut. Beberapa waktu lalu peristiwa serupa terjadi di Lapas Tanjung Gusta, Medan, dilanjutkan dengan Lapas Labuhan Ruku di Batubara, dan Lapas Narkotika Langkat di Hinai.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here