Membangkitkan UMKM dengan Transformasi Digital saat Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diminta untuk bangkit dan bertahan di tengah pandemi Covid-19 saat ini, dengan melakukan transformasi digital.

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menyatakan, saat ini sudah tersedia banyak sarana penjualan secara online atau daring yang bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan.

“UMKM harus melakukan transformasi. Harus berubah dari yang dulunya hanya berjualan secara konvensional dengan menunggu pembeli, kini perlu melakukannya secara daring,” kata Ketua Umum Akumindo, Ikhsan Ingratubun dalam webinar, Kamis 11 Februari 2021.

Ia berkata, untuk bertransformasi ke ranah digital tentu membutuhkan proses dan ada tantangannya. Terutama untuk pengusaha di usai 40 tahun ke atas, kendala utamanya adalah kesulitan memakai media daring.

Namun, Ikhsan menegaskan, digitalisasi adalah jalan yang paling tepat untuk ditempuh saat ini, jika UMKM mau selamat.

“Tapi apa boleh buat, bahwa suka tidak suka, mau tidak mau di masa sulit ini harus melakukan transformasi,” ujar Ikhsan.

Selain itu, Ikhsan juga meminta pelaku UMKM untuk jeli melihat kebutuhan masyarakat dan mengikuti tren. Salah satu contohnya adalah menjual alat pelindung diri (APD) atau produk sektor kesehatan lainnya di tengah pandemi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tujuan dari transformasi ini sangat penting untuk mendukung pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini