Mahfud Sebut Lockdown Kurang Manusiawi dan Tak Efektif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Social distancing menjadi cara yang tepat dipilih Indonesia untuk menekan penyebaran virus corona karena lebih manusiawi dari pada lockdown. Hal itu disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Mahfud mengatakan langkah ini dipilih karena terbukti lockdown tak efektif di Italia, salah satu negara yang telah melakukannya. Mahfud menyebut kenyataanya lockdown di Italia tak bisa mengurangi angka kematian di sana.

Indonesia, kata Mahfud, mengambil kebijakan berbeda. Yakni dengan mengurangi aktivitas kumpul-kumpul atau social distancing. Namun belakangan istilah social distancing pun kini telah diubah dengan istilah physical distancing atau menjaga jarak fisik dalam pergaulan.

“Kurang bagus istilahnya, lalu ada istilah physical distancing. Yang lebih dianjurkan lagi untuk menggunakan jarak fisik, gitu,” katanya.

Untuk menjalankan imbauan tersebut, Mahfud MD menyebut RT dan RW di lingkungan masyarakat perlu dilibatkan.

Menurut dia, untuk memerangi wabah virus corona ini memang diperlukan semua perangkat pemerintahan dari mulai pusat hingga perangkat daerah yang paling kecil. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kata Mahfud, harus memiliki pemahaman yang sama.

“Kemarin juga diputuskan agar pemerintah daerah punya pemahaman dan sikap yang sama terhadap masalah ini,” kata dia.

Dia sendiri mengakui, saat ini sebaran virus corona memang masih terjadi di beberapa daerah besar saja. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika tak dicegah maka akan terjadi lonjakan besar jumlah positif corona di daerah-daerah kecil.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini