Langgar PSBB, IKEA Alam Sutera Ditutup Paksa Satpol PP

Baca Juga

MATA INDONESIA, TANGERANG – Hypermarket peralatan rumah tangga IKEA di Alam Sutera, Serpong tampaknya tak menghormati aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Mereka nekat melanggar aturan di masa pandemi COVID-19 itu dengan tetap membuka operasional hypermarket.

Padahal, IKEA bukanlah bidang yang dikecualikan selama pemberlakuan PSBB. Awalnya sebuah video menyebar menggambarkan ramainya IKEA Alam Sutra di media sosial. Video itu menunjukkan IKEA tetap dipadati pengunjung meski Kota Tangerang sedang memberlakukan PSBB.

Melihat laporan itu, Satpol PP Kota Tangerang langsung bergerak menuju ke lokasi. Benar saja, IKEA masih buka dan penuh ramai pengunjung dan tanpa menunggu lama petugas langsung menghentikan kegiatan dan menutup IKEA Alam Sutra.

“Jadi kami dapat laporan dari warga soal IKEA ini, terus kami kemudian sidak tadi dan memang masih banyak di lapangan penunjung yang datang. Selama sidak kita tutup dulu,” ujar Kasatpol PP Kota Tangerang Agus Hendra, Minggu 10 Mei 2020.

Meski begitu, IKEA malah membantah bahwa pihaknya melakukan pelanggaran. Juru Bicara IKEA, Ririn Basuki, memastikan bahwa IKEA merupakan jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB.

Pemeriksaan pengujung sebelum masuk juga dilakukan IKEA guna mengantisipasi penyebaran virus corona. “IKEA adalah bagian dari PT HERO group dengan izin usaha sebagai hypermarket. IKEA termasuk salah satu jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB,” kata Ririn.

Ia juga memastikan IKEA mematuhi peraturan pemerintah dan mematuhi penerapan regulasi PSBB di toko IKEA. Namun, yang paling utama bagi IKEA adalah tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pengunjung dan co-worker IKEA

Ririn mengatakan, selama dibuka, pihaknya juga melakukan pembatasan pengunjung yang ingin berbelanja. Selama masa PSBB di Tangerang Raya, IKEA Alam Sutra juga mengajurkan agar masyarakat dapat melakukan pembelian secara online.

“Hal ini dapat dilihat dengan adanya pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki toko IKEA, penyediaan hand sanitizer, memastikan pemakaian masker, informasi dan penerapan jaga jarak, pembatasan jumlah pengunjung dan selalu mengingatkan kepada pengujung untuk mematuhi regulasi PSBB,” ujarnya.

Ia pun mengaku pihaknya mengikuti prosedur yang berlaku dan berharap ada jalan keluar dari masalah tersebut. “Kami yakin bahwa akan ada jalan keluar terbaik, dan IKEA senantiasa bekerjasama dengan baik dengan segenap pemangku kepentingan. Selain itu, untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, IKEA selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pengunjung dan co-worker IKEA, dan kami senantiasa mematuhi regulasi PSBB serta mematuhi regulasi pemerintah,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini