Kondisi Trump Membaik, Rupiah Menguat di Awal Pekan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup menguat di awal pekan, 5 Oktober 2020. Mengutip data Bloomberg, Rupiah berada pada posisi Rp 14.800 per dolar AS atau menguat 0,43 persen.

“Penguatan mata uang garuda dibayangi oleh respon positif dari pasar soal kondisi Presiden AS Donald Trump yag akan segera keluar dari Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, tempat dia dirawat karena COVID-19,” ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim pada Senin sore.

Selain itu, laju rupiah juga dipengaruhi oleh sikap pelaku pasar yang juga akan memantau pernyataan dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell, yang dijadwalkan untuk menyampaikan pidato utama di konferensi NABE pada hari Selasa, dengan The Fed merilis risalah dari pertemuan September keesokan harinya.

Di samping itu Kepala ekonom Bank Sentral Eropa (ECB) Philip Lane juga akan menyampaikan pidato utama di konferensi bersama Powell, dan ECB juga akan merilis risalah dari pertemuan September.

“Di kawasan Asia-Pasifik, Reserve Bank of Australia secara luas diperkirakan akan mempertahankan suku bunga dan target imbal hasil tiga tahun atau tidak berubah pada level 0,25 persen ketika bertemu pada hari Selasa besok,” kata Ibrahim.

Sementara dari dalam negeri, laju rupiah didorong oleh kabar baik tentang obat penanganan COVID-19 hasil racikan PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma siap dilepas ke publik. Produk itu diberi nama Favipiravir yang dapat dipergunakan untuk terapi COVID–19 dan obat anti- Corona Remdesivir dengan nama dagang Desrem.

“Dengan dipasarkannya obat COVID-19, maka ada secercah harapan bahwa masyarakat yang terjangkit pandemi COVID-19 sampai saat ini terus meningkat. Setelah obat dipasarkan, kemungkinan masyarakat yang terkena pandemi COVI-19 akan berangsur sembuh dan Lonjakan COVID-19 akan kembali melandai,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini