Kilas Balik, Ternyata Logo TVRI Selalu Berganti-ganti, Ini Penampakannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Selama berdiri dan mengudara pda 24 Agustus 1962, banyak hal yang terjadi pada televisi pertama Indonesia, TVRI. Yang paling terlihat adalah pergantian logo, untuk memperingati hari jadinya mereka ada di Indonesia. Tercatat sudah delapan kali perubahan logo selama TVRI berdiri, berikut logo-logo TVRI dari masa ke masa.

  1. Logo pertama

Inilah logo pertama TVRI, yang mulai dipakai sejak 24 Agustus 1962. Selama 16 tahun lamanya TVRI memakai logo ini, dan baru menggantinya tepat ketika memasuki “masa remaja” pada 24 Agustus 1978.

  1. Logo kedua

Masih mempertahankan desain awal, kemudian ditambahkan wadah berwarna putih dan motif warna merah, hijau, biru di sisi kanan. Logo ini hanya dipakai selama empat tahun, mulai 24 Agustus 1978-24 Agustus 1982.

  1. Logo ketiga

Inilah logo terlama yang dipakai TVRI. Dengan bentuk segilima berwarna hijau dan tulisan TVRI yang ikonik, logo ini terpampang di tayangan-tayangan TVRI selama 17 tahun! Sejak pertama dipakai pada 24 Agustus 1982, TVRI baru menggantinya pada 24 Agustus 1999. Logo ini juga digunakan sebagai logo on-air pada 1992-1995.

  1. Logo keempat

Font TVRI dari logo ketiga, berpadu dengan motif merah, hijau, dan biru dari logo kedua. Logo keempat TVRI hanya sebentar dipakai, dari 24 Agustus 1999 sampai 12 Juli 2001.

  1. Logo kelima

TVRI mulai meninggalkan motif garis lengkung berwarna sejak logo kelima. Hanya tulisan TVRI dengan garis tepi berwarna merah dan huruf berwarna putih. Logo ini hanya dipakai dua tahun, dari 13 Juli 2001 sampai 1 Agustus 2003.

  1. Logo keenam

Bentuk huruf dibuat lebih miring, dengan pembaruan huruf “V” yang diwarnai merah dan huruf “R” yang memiliki kaki lebih luwes. Warna biru di huruf T, R, dan I adalah perpaduan biru tua dan hitam. Logo ini dipakai pada 1 Agustus 2003 sampai 16 April 2007.

  1. Logo ketujuh

Warna merah dan biru kembali dipertahankan TVRI. Biru untuk seluruh warna huruf T, V, R, dan I, kemudian merah untuk warna boomerang di atasnya. Ini merupakan logo ketiga terlama yang dipakai TVRI, yakni selama 12 tahun. Tepatnya sejak 16 April 2007 sampai 29 Maret 2019.

  1. Logo kedelapan

TVRI semakin menegaskan niatnya untuk meninggalkan kesan kuno, dengan mengganti logo jadi lebih sederhana dan berkarakter kuat, seperti yang sedang diminati kawula muda saat ini. Peluncuran logo baru ini juga disertai dengan tagar #mediapemersatubangsa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini