Kemenkes: Indonesia Siaga Satu Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan Indonesia saat ini siaga satu terkait virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Diketahui, beberapa negara sudah terserang wabah virus mematikan ini dan tercatat sudah 26 orang meninggal dunia akibat penyakit ini.

Terawan mengatakan terus memantau potensi penyebaran virus corona dan telah mengecek langsung ke lapangan setelah karyawan Huawei di Gedung BRI 2 diduga terjangkit virus corona pada Kamis 23 Januari 2020.

“Kamis cek semua termasuk pintu-pintu masuk negara, kita udah siaga satu ini, nggak ada tidurnya, jadi tenang, saya bekerja membantu masyarakat untuk tidak usah khawatir,” ujarnya.

Terawan juga memastikan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengecekan pengunjung di bandara maupun pelabuhan pintu masuk melalui alat pengukur suhu.

Hal ini merupakan langkah antisipasi untuk tenaga kerja asing dari Cina maupun negara lain yang terjangkit virus tersebut.

Terawan meminta masyarakat tidak panik dan tetap tenang dan meminta semua pihak berhati-hati dalam memberikan pernyataan.

Jangan sampai apa yang disebarluaskan hanya berdasarkan asumsi belaka tanpa disertai bukti yang jelas sehingga menyebabkan kegaduhan di masyarakat.

Sementara itu, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Jumat 24 Januari 2020 dilaporkan mengisolasi satu pasien diduga terjangkit virus corona. Orang yang terduga ini diketahui telah bepergian ke wilayah Cina dan pulang ke Indonesia Rabu 22 Januari 2020.

Pihak rumah sakit mengatakan tengah melakukan penelitian lebih lanjut dengan jangka waktu 2-3 hari sampai penelitian selesai. Hingga saat ini, Cina mengkonfimasi 26 orang meninggal akibat virus corona dan yang terinfeksi mencapai 830 orang. (Savira Daniaty)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini