Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

MATA INDONESIA, JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi 30 persen wilayah Indonesia bakal mengalami kekeringan. Karenanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk siaga atasi musim kemarau.

Hal itu dilakukan karena dampak kekeringan akan mempengaruhi pangan di Indonesia.¬†“Antisipasi mitigasi harus betul-betul di siapkan sehingga pekerjaan dan stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu,” kata Jokowi di Jakarta, Selasa 5 Mei 2020.

Baca Juga: Ngerasa Suhu di Jakarta Memanas? Begini Kata BMKG

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta agar ketersediaan air di daerah sentra produksi pertanian tercukupi. Mulai dari penyimpanan air hujan, embung hingga kolam retensi.

Kemudian percepatan musim tanam pun jadi pilihan. Hal tersebut jadi sarana saat ini di kala musim hujan. “Harus dipastikan bahwa petani tetap berproduksi harus, tetap bertanam dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Jokowi juga meminta kepada jajarannya agar menyediakan sarana untuk para petani. Mulai dari bibit, pupuk harus dipenuhi. “Kemarin juga ada acara kan stimulus ekonomi untuk petani agar nanti agar juga di pertajam lagi,” katanya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here