Jadi Program Strategis Nasional, Kominfo Lanjutkan Pembangunan BTS 4G Sesuai Intruksi Presiden Jokowi 

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melanjutkan program strategis nasional yang berkaitan dengan transformasi digital nasional, salah satunya pembangunan infrastruktur digital berupa Base Tranceiver Station (BTS) 4G. Pelaksana Tugas Menkominfo Mahfud MD menegaskan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. 

“Kominfo terus melanjutkan pembangunan BTS 4G. Istilahnya, yang saya dengar bukan diselesaikan, tapi dilanjutkan,” ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat RI di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (05/06/2023). 

Menteri Mahfud MD menyatakan telah berkomunikasi dengan jajaran di Kementerian Kominfo perihal skema penyelesaian pembangunan BTS 4G yang belum beroperasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.  

“Sebetulnya ada beberapa barang (BTS 4G) tinggal dipancarkan. Ke depannya, akan mengulas kembali kontrak yang telah terjalin. Kontraknya akan di-review pokoknya. Itu harus dilanjutkan,” jelasnya. 

Sebelum menghadiri rapat kerja bersama Komisi DPR RI hari ini, Plt Menkominfo menyatakan telah memanggil Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto, Minggu (04/06/2023) malam, untuk membahas mengenai mekanisme penyelesaikan kontrak pembangunan BTS 4G. 

“Tadi malam saya sengaja memanggil irjen ke rumah saya, saya ingin tahu skema penyelesaian ini. Ini kan hal yang harus dilanjutkan, tidak boleh berhenti,” tegasnya.

Dalam rapat kerja itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba memaparkan capaian kegiatan utama Kementerian Kominfo tahun 2022 yang meliputi empat program strategis yaitu infrastruktur digital, masyarakat digital, ekonomi digital, dan pemerintahan digital.

“Penyediaan layanan mobile broadband technology melalui pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) di 5.410 lokasi yang meliputi 1.682 lokasi on air dengan model bisnis sewa layanan yang mulai dibangun bertahap sejak tahun 2015-2020,” jelasnya.

Sekjen Mira Tayyiba menjelaskan saat ini sudah terbangun sebanyak 3.728 lokasi BTS on air termasuk 2.213 lokasi di Papua dan Papua Barat yang mulai dibangun sejak tahun 2021 hingga 2022.

“Sejalan dengan instruksi Bapak Presiden RI Joko Widodo, untuk meneruskan pembangunan BTS 4G, kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam tahap pembangunan di 752 lokasi di wilayah Papua dan Papua Barat yang berstatus kahar,” jelasnya.

Dalam rapat kerja hadir pula Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail; Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto;  Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pengerapan; Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Hary Budiarto; dan Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo, Arif Tri Hardianto.

Hadir pula Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Mochamad Hadiyana; Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo; serta Staf Ahli Menteri Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, R. Wijaya Kusumawardhana.

Sementara dari lembaga kuasi hadir Ketua KPI Pusat, Ubaidillah; Wakil Ketua KPI Pusat, Mohamad Reza; Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro; Waki Ketua KI Pusat, Arya Sandhiyudha; serta Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu.


(Biro Humas Kementerian Kominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini