Home Cuitan MI Ini Fungsi Kumis Harimau yang Tak Banyak Orang Tahu

Ini Fungsi Kumis Harimau yang Tak Banyak Orang Tahu

0
9483
kumis harimau
kumis harimau

MATA INDONESIA, JAKARTA-Beberapa hewan seperti kucing, anjing, tikus, sampai anjing laut punya kumis di wajahnya. Bahkan si raja hutan harimau juga memiliki kumis.

Namun, tahukan Anda apa fungsi kumis harimau? Karena kumis yang tumbuh itu bukan rambut biasa tidak sama dengan yang dimiliki manusia.

Kumis harimau lebih tebal dan tumbuh lebih dalam, teman-teman. Kumis ini ini tersambung dengan otot-otot wajah dan sistem saraf harimau.

Sistem saraf ini bertugas memberikan pesan ke otak tentang hal yang terjadi di sekitar kita. Bagian ini berfungsi mirip seperti alarm, kumis yang dimiliki harimau sangat peka, bahkan bisa merasakan perubahan di udara atau angin di sekitarnya.

Tak hanya itu, kumis harimau bisa membantunya berburu meskipun berada di lingkungan yang gelap.

Bahkan, kepekaan kumis kucing bisa mengarahkannya untuk melangkah di lingkungan yang sempit atau berduri. Sehingga harimau akan lebih berhati-hati dalam melangkahkan kakinya.

Tahukah kamu? Kumis harimau juga berfungsi membantu harimau memperkirakan jarak antara satu tempat dengan tempat lainnya. Misalnya ketika harimau haris melompat, merunduk, atau meluncur di sebuah batang kayu atau gua.

Rupanya, selain di wajah, kumis harimau ini juga ada di kakinya. Semakin panjang kumis harimau, maka kecenderungan ia bisa bertahan hidup juga lebih tinggi. Tumbuhnya kumis harimau ini juga bagian dari evolusi harimau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here