Kucing Persia (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kucing menjadi salah satu hewan yang paling menggemaskan di dunia. Wajahnya yang lucu dan tingkahnya yang unik menjadikan kucing banyak penggemarnya.

Selain itu, kelucuan kucing terkadang tergantung dari jenis atau ras kucing tersebut. Bahkan, gak cuma lucu, ras kucing jug ada yang tertua di dunia loh!

Setelah melakukan analisis terhadap lebih dari 1.000 kucing, Cat Fancier Association (CFA) akhirnya menetapkan beberapa ras kucing berikut ini sebagai ras tertua di dunia. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya!

1. Egyptian Mau

Nah, ras kucing yang satu ini disebut-sebut sebagai nenek moyang kucing lho. Banyak ahli yang berpendapat jika ras kucing ini sudah ada sejak 4.000 tahun lalu di Mesir Kuno. Ternyata, sosok kucing ini juga menjadi hewan yang dihormati oleh orang-orang Mesir.

Egyptian Mau diperkenalkan ke Amerika Serikat atas perintah Putri Natahalie Troubetzkoy sekitar tahun 1950-an. Kedatangan mereka pun langsung disambut baik dan dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan karena kecantikannya. Tidak hanya itu, banyak orang yang memuji kucing ini karena karakter mereka yang sangat perhatian.

2. Bobtail Jepang

Ada hal unik dari kucing asal Jepang ini yaitu ekornya yang menyerupai ekor kelinci. Karena keunikannya, ekor yang sangat pendek itu berhasil menjadi daya tarik tersendiri.

Diperkirakan muncul pada abad ke-5, Bobtail nyatanya telah ada di Jepang sekitar 1.000 tahun yang lalu. Sejak saat itu, Bobtail menjadi kucing jalanan ikonik di Jepang hingga saat ini. Bahkan, namanya sudah menjadi bagian penting dalam cerita rakyat lokal masyarakat Jepang.

3. Persia

Pasti Anda tidak asing dengan kucing yang satu ini bukan? Walaupun tidak ditemukan bukti ilmiah kapan kucing berbulu indah ini pertama kali lahir, tetapi diketahui bahwa kucing Persia diimpor pertama kali dari Iran ke Italia pada awal abad ke-17.

Selain Italia, kucing Persia juga menapaki daratan Inggirs di tahun 1800-an. Karena kecantikannya yang luar biasa dan sifatnya yang penyayang, kucing Persia dinobatkan sebagai kucing terpopuler di dunia.

4. Angora Turki

Menariknya, harta nasional Turki ini ternyata diperkenalkan oleh Viking lho. Mereka membawa kucing berambut panjang ini ke Eropa pada abad ke-10. Meskipun ras kucing ini memiliki warna berbeda, Angora yang memiliki nilai lebih ialah yang berbulu sangat putih dengan dua warna mata berbeda.

Sayangnya, Angora umumnya tidak disarankan untuk dijadikan hewan peliharaan bagi keluarga besar atau anak kecil. Pasalnya, kucing satu ini memiliki sifat pendiam dan menyukai ketenangan. Mereka pun lebih suka hidup dengan satu atau dua orang saja.

5. Van Turki

Van Turki sendiri merupakan ras asli dengan nilai budaya penting bagi masyarakat Turki, Armenia dan Kurdi. Karena dinilai begitu penting, kucing ini pun seringkali dianggap sebagai simbol nasional yang kontroversial.

Dikutip dari situs Animal Wised, ras ini sampai di Inggris pada pada tahun 1950-an. Namun, peneliti memperkirakan garis keturunannya setua Angora. Banyak orang yang seringkali kebingungan untuk membedakan keduanya.

Faktanya, Van dan Angora adalah dua ras yang berbeda dengan garis keturunan genetik yang berbeda pula. Perlu diketahui, bahwa Van Turki adalah kucing dominan yang perlu disosialisasikan dengan baik sejak kecil.

Untuk itu, jika Anda berniat untuk menjadikan kucing satu ini sebagai peliharaan ada baiknya untuk membiasakan ia berinteraksi dengan hewan lain sejak usia 8 minggu.

Menarik sekali bukan? Lalu, bagaimana dengan kucing Anda di rumah? Apakah termasuk kedalam ras tertua yang disebutkan diatas?

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here