Ini Alasan Kenapa Warna Cokelat menjadi Seragam Pramuka di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketika mendengar kata Pramuka, yang terlintas dalam benak adalah seseorang yang mengenakan seragam berwarna cokelat. Warna seragam Pramuka ini sendiri ada dua, yakni cokelat muda dan cokelat tua.

Seragam Pramuka berfungsi sebagai identitas untuk meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Tak hanya itu, penggunaan seragam Pramuka juga dibuat agar anggota yang mengenakannya dapat berakhlak sesuai Satya dan Dharma Pramuka.

Mungkin di antara kalian bertanya-tanya, kenapa anggota Pramuka mengenakan seragam berwarna cokelat. Apakah karena kegiatan pramuka itu selalu diluar ruangan dengan aktivitas hiking dan perkemahan, yang selalu identik dengan kotor-kotoran?

Tentunya, pilihan nuansa cokelat tentu tak sembarangan. Ada sederet alasan menjadi faktor mengapa warna cokelat begitu identik dengan Pramuka. Yuk simak ulasan lengkapnya:

  1. Pakaian Pejuang Kemerdekaan

Anda pasti sering melihat gambar atau film tentang sejarah Kemerdekaan Indonesia, di mana para pahlawan mengenakan baju dan celana berwarna cokelat. Walaupun sebagain lainnya menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam, tapi warna cokelat tetap yang mendominasi medan perang.

Oleh karena itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memutuskan seragam Pramuka berwarna cokelat. Hal ini secara resmi tercantum dalam Bab 1 Pasal 5 Ayat b di dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka. Tujuannya, agar para anggota tidak melupakan para pejuang kemerdekaan yang telah berjuang.

  1. Warna Tanah dan Air

Mungkin anggapan ini memang belum. Kwartir Nasional juga belum mengakui secara resmi. Akan tetapi, sebagian orang di Indonesia memaknai warna cokelat sebagai kiasan warna tanah dan air di Indonesia.

Warna cokelat muda pada baju mencerminkan air yang mengalir di seluruh penjuru negeri. Sedangkan, warna cokelat tua pada celana atau rok menyiratkan warna tanah negara.

Secara keseluruhan, seragam Pramuka berupa perpaduan sapu tangan leher berwarna merah-putih ini memiliki arti bahwa putra-putri Ibu Pertiwi harus selalu siap sedia mempertahankan kibaran bendera di Tanah Airnya.

  1. Inisiatif Bapak Pramuka

Bapak Pramuka Sedunia, Baden Powell senang sekali melakukan perjalanan jauh, yang membuatnya tidak sadar kalau pakaiannya berubah menjadi warna cokelat. Hal ini karena tubuhnya yang masuk ke dalam lumpur basah dan menjadi kering di badannya.

Akhirnya, seluruh tubuh dan pakaiannya menjadi cokelat. Sejak saat itu, Powell tertarik menginisiasikan warna cokelat untuk seragam Pramuka. Tujuannya, agar tidak mudah kotor ketika sedang berpetualang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini