Ini 3 Mobil Tempur Militer Iran yang Bakal Gempur Amerika Serikat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pertikaan antara Amerika Serikat dengan Iran makin memanas. Sebelumnya pangkalan udara milik AS ini ditembaki rudal dan menyebabkan puluhan tentaranya meninggal dunia.

Diketahui, Iran bukan hanya punya industri otomotif dalam negeri, namun juga memiliki industri persenjataan yang di antaranya menghasilkan kendaraan militer.

Iran tidak main-main untuk urusan perang. Negara yang berbatasan dengan Irak ini bukan hanya menguasai persenjataan dan alat tempur udara melainkan juga kendaraan taktis yang dapat digunakan bergeriliya memukul mundur musuh.

Berikut kendaraan tempur milik Iran yang bakal turun jika terjadi perang:

  1. Toofan

Toofan merupakan kendaraan militer yang dikembangkan Kementerian Pertahanan Iran. Kendaraan ini berlapis baja dan tahan ranjau darat setara peledak TNT.

Kendaraan militer yang dilengkapi berbagai persenjataan ini berfungsi mengangkut 10 personel untuk melaju pada segala medan berat. Kendaraan ini juga bisa bergerak ‘lincah’ meski terjebak pada ketinggian air 1,5 meter dan melindas halangan di jalan setinggi 50 sentimeter.

Rodanya dilengkapi ban run flat tyre sehingga jika diserbu tembakan masih bisa menggelinding sejauh 50 km. Sedangkan kecepatan maksimal kendaraan ini 100 km per jam.

  1. Aras 2


Kendaraan taktis Iran yang lain yaitu Aras 2 yang pertama kali diperlihatkan ke publik pada tahun lalu. Memang tidak disebutkan data teknis mobil ini namun pejabat militer mengklaim Aras 2 dapat menjadi andalan baru pasukan Iran selama berjibaku di medan perang.

Aras 2 merupakan generasi penerus pikap militer 4×4 Iran. Pejabat setempat menyebutkan Aras 2 telah disempurnakan agar dapat diandalkan angkatan bersenjata Iran.

Pikap besar ini mampu menerjang medan berat seperti tanjakan, turunan, hingga berbagai halang rintang di medan perang.

Tenaga mobil juga diklaim lebih besar dari sebelumnya. Ada yang mengatakan bila pikap ini menggendong mesin Toyota Land Cruiser yang sudah diseting ulang.

  1. Ra’ad

Kendaraan tempur Iran yang satu ini dilengkapi berbagai persenjataan lengkap di bagian atapnya serta punya enam roda. Ra’ad mulai diproduksi pada 2004 dan beroperasi pada 2007.

Mobil dengan berat 3.000 kg ini punya panjang 7,36 meter dan lebar 0,76 meter. Ra’ad juga dilengkapi empat rudal yang memiliki jangkauan 350 km. Rudal dapat bergerak ke segala arah termasuk bersembunyi dari radar deteksi pertahanan rudal musuh.

 

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini