Indonesia Lakukan Uji 4 Terapi Alternatif untuk Atasi Virus Corona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah Indonesia bersama lebih dari 45 negara lainnya ikut dalam Solidarity Trial yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hal ini dilakukan untuk memperbaiki layanan kesehatan dan menurunkan angka kematian pasien Corona.

Sejak 20 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Indonesia melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) telah menyampaikan kesediaan untuk bergabung dalam Solidarity Trial. Hal itu diungkap oleh Kepala Balitbangkes Kemenkes RI dr Siswanto, MHP, DTM.

Siswanto menyebut, semula Indonesia bergabung dalam riset tersebut untuk pengujian klinik remdesivir. Namun, hasil pembahasan lebih lanjut dengan WHO, Indonesia siap berpartisipasi dalam riset terhadap empat alternatif terapi yang dikembangkan organisasi tersebut.

Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr Navaratnasamy Paranietharan menyambut baik kesediaan Indonesia dalam riset tersebut. Menurutnya, partisipasi Indonesia akan menjadi kontribusi penting dalam upaya global mempercepat penemuan obat yang efektif menangani virus corona.

Melansir laman Kementerian Kesehatan, sehatnegeriku, Solidarity Trial merupakan program WHO untuk pengujian klinik terhadap 4 alternatif terapi yang selama ini digunakan untuk menangani pasien COVID-19. Empat alternatif tersebut meliputi remdesivir, gabungan lopinavir/ritonavir, gabungan lopinavir/ritonavir ditambah interferon, dan chloroquine.

Riset dilakukan guna mendapat bukti klinis yang lebih kuat dan valid mengenai efektivitas dan keamanan alternatif obat tersebut.

Selain itu, pengujian terhadap empat alternatif terapi tersebut didesain khusus untuk mempersingkat waktu yang diperlukan guna menghasilkan bukti kuat tanpa mengesampingkan prinsip Cara Uji Klinis yang Baik/Good Clinical Practice (CUKB/GCP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini