Imbas Wabah Corona, Hampir 300 Juta Pelajar di Seluruh Dunia ‘Putus’ Sekolah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi saja dan pariwisata. Namun, virus mematikan ini juga menghentikan sejumlah aktivitas kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Beberapa negara bahkan mengintruksikan tidak lagi ada kegiatan belajar mengajar dan siswa dilarang bersekolah dahulu. Tercatat hampir 300 juta pelajar di seluruh dunia tak bisa sekolah selama wabah corona melanda Cina dan sejumlah negara lainnya di dunia. Italia adalah negara terakhir yang menutup sekolah karena virus mematikan ini.

Lebih dari 97.000 orang telah terinfeksi dan lebih dari 3.348 orang meninggal dunia di seluruh dunia akibat virus corona (Covid-19), yang kini menyebar ke sekitar 80 negara dan wilayah.

Ketika virus menyebar, negara-negara lain mengeluarkan sejumlah tindakan luar biasa. Pada Rabu, UNESCO menyampaikan 13 negara menutup sekolah, berdampak pada 290,5 juta anak-anak, sementara sembilan negara lainnya melokalisasi penutupan atau khususnya di wilayah yang terdampak.

“Skala global dan kecepatan gangguan pendidikan saat ini tidak tertandingi dan, jika diperpanjang, dapat mengancam hak atas pendidikan,” kata Kepala UNESCO, Audrey Azoulay, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 5 Maret 2020.

Pada Rabu, Italia memerintahkan penutupan sekolah dan universitas sampai 15 Maret, ketika angka kematian akibat virus corona bertambah menjadi 107 orang, wabah paling mematikan di luar Cina.

Korea Selatan, negara dengan kasus tertinggi di luar Cina yaitu 6.000, menunda tahun ajaran baru sampai 23 Maret.

Di Jepang, hampir semua sekolah ditutup setelah Perdana Menteri Shinzo Abe menyerukan kelas-kelas dibatalkan sampai Maret dan liburan musim semi, dijadwalkan akhir Maret sampai awal April.

Sekitar 120 sekolah ditutup di Prancis pekan ini di wilayah yang kasus infeksinya terbesar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini