Ibu Kota Jabar Bakal Pindah ke Desa Tegalluar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Isu pemindahan ibu kota Jawa Barat dari Bandung ke tempat lain mulai terkuak. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi memberikan bocoran.

Dari hasil perbincangannya dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut ingin ibu kota Jawa Barat nantinya dipindahkan ke Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Sebagai catatan, Tegalluar sendiri merupakan titik akhir jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang memiliki satu stasiun untuk pengoperasian kereta feeder dari Padalarang dan satu depo untuk tempat parkir rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) tersebut.

“Dengan adanya rencana Pemkab (Bandung), PE (Jawa Barat), bahkan pak Gubernur menyampaikan, menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk ibu kota provinsi Jawa Barat itu di sini (Tegalluar),” katanya di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Kamis 13 Oktober 2022.

“Kan ada tiga opsi tuh, Walini, Kertajati, sama sini. Tadi bocoran dari pak Gubernur sini paling besar peluangnya,” ujar Dwiyana.

Lebih lanjut, Dwiyana turut memaparkan rencana pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang kelak akan menghubungkan Stasiun Halim dan Stasiun Padalarang, untuk tersambung ke titik akhir di Stasiun Tegalluar dengan menggunakan kereta feeder.

Proyek ini ditargetkan selesai pada Juni 2023, untuk kemudian dioperasionalkan secara komersial kepada penumpang sebulan setelahnya, Juli 2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini