Hari Ini BI Luncurkan Pecahan Uang Baru Rp 75.000, Begini Tampilannya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Perayaan HUT RI ke-75 menjadi momentum Bank Indonesia (BI) merilis uang baru pecahan Rp 75.000. Seperti apa ya tampilannya?

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan bahwa uang baru pecahan Rp 75.000 bergambar Proklamator RI Soekarno-Hatta berlatar kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Sementara di sisi lain uang kertas itu, terdapat siluet ragam wajah Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Selain itu ada gambar gambar satelit di sebelahnya.

Pernyataan Destry itu sekaligus menjawab simpang siur soal desain mata uang Rp 75.000 bergambar Presiden keempat RI yakni Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Peluncuran resmi uang pecahan Rp 75.000 ini dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual dan bisa disaksikan di akun YouTube Bank Indonesia.

Selain peresmian pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI, akan ada juga kegiatan penayangan video Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI dan penyerahan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI sebagai token of appreciation secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual.

Jika melihat tren sebelumnya, Bank Indonesia selalu menerbitkan Uang Rupiah Khusus sebagai bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia. Penerbitan uang baru tersebut dilakukan setiap 25 tahun sekali.

Pada 1970 diterbitkan sembilan uang koin dengan ragam nominal antara Rp 200 sampai Rp 25.000. Pecahan tersebut dikenal sebagai uang Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sedangkan pada 1995 atau pada perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia, diterbitkan dua Uang Rupiah Khusus yakni uang koin bernominal Rp 300.000 dan Rp 850.000. Dua uang yang menyematkan gambar Presiden Ke-2 RI Soeharto di dalamnya ini dikenal sebagai uang Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini