Gunung Merapi Meletus, Tinggi Kolom Capai 6.000 Meter

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Minggu 21 Juni 2020 pagi, Gunung Merapi yang berada di perbatasan Kabupaten Sleman, yakni Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah menunjukan aktivitasnya dengan meletus sebanyak dua kali.

“Erupsi gunung Merapi terjadi pertama kali pada pukul 09.13 WIB dan yang kedua pada pukul 09.27 WIB,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Minggu 21 Juni 2020.

Menurut dia, letusan Merapi yang pertama tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm. “Teramati tinggi kolom erupsi kurang lebih 6.000 meter dari puncak Merapi,” katanya.

Ia mengatakan, untuk erupsi kedua terjadi pada pukul 09.27 WIB dengan amplitudo 75 mm dan durasi 100 detik. “Sedangkan untuk tinggi kolom erupsi tidak teramati,” katanya.

Makwan mengatakan, saat terjadi erupsi, arah angin cenderung ke arah barat. Sehingga situasi masih terpantau aman dan terkendali. “Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jarak bahaya dalam radius 3 km dari puncak,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini