Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gempa berkekuatan magnitudo 5 mengguncang Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua, Minggu 22 Maret 2020 pukul 04.19 WIB.

Episenter gempa terletak pada koordinat 5.52 Lintang Selatan dan 141.35 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 131 km arah Timur Laut Kota Tanah Merah, Boven Digoel, pada kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo 5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,0,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya kepada wartawan.

Dia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat aktivitas zona lipatan dan sesar naik Papua (Papua Fold and Thrust Belt).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ujar dia.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Boven Digoel III MMI, getaran dirasakan dalam rumah. “Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here