Fix Diundur, Olimpiade Tokyo Bakal Berlangsung Pada 23 Juli 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wabah virus corona membuat semua pesta olahraga dunia dihentikan, tak terkecuali Olimpiade Tokyo yang ditunda dan akan dilaksanakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Selanjutnya, Paralymmpic Games akan mulai pada 24 Agustus hingga 5 September.

Olimpiade musim panas ini sejatinya dimulai pada musim panas mendatang di Tokyo.

Dilansir kantor berita Kyodo, Selasa 31 Maret 2020, tanggal baru ini diumumkan seminggu setelah pemerintah Jepang dan panitia Olimpiade setuju untuk menunda acara prestisius ini.

“Penundaan yang pertama kali terjadi ini membawa banyak tantangan dan masalah. Tetapi saya yakin keputusan tanggal baru secara cepat akan membuat kita bisa mempercepat persiapan,” ujar Yoshiro Mori, presiden komite Olimpiade Tokyo.

Sebelumnya, sempat ada gagasan melaksanakan Olimpiade Tokyo pada musim semi. Keputusan musim panas tetap dipilih karena notabene musim liburan, sehingga memudahkan orang menjadi penonton atau sukarelawan.

CEO panitia Olimpiade Tokyo, Toshiro Muto, meyakinkan bahwa rangkaian acara tidak akan berubah drastis dari jadwal awal. Panitia juga memastikan agar Olimpiade 2021 tak bertabrakan dengan acara olahraga internasional lain.

Internasional Olympics Committee (IOC) menyambut positif tanggal baru Olimpiade Tokyo. Mereka optimistis tantangan baru ini dapat dilewati bersama.

“Saya percaya bahwa dengan bekerja bersama dengan komite penyelenggaraan Tokyo 2020, pemerintah metropolitan Tokyo, pemerintah Jepang, dan semua pemangku kepentingan, kami bisa mengatasai tantangan yang sebelumnya tak pernah terjadi ini,” ujar Presiden IOC Thomas Bach.

Sementara itu mengenai penundaan itu langsung di respon oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Pihaknya tentu menerima keputusan ini dari IOC yang memiliki otoritas tertinggi tentang pelaksanaan olimpiade dan itu hasil pembicaraan dari Perdana Menteri Jepang dan Presiden IOC Thomas Bach.

“Kita berharap dengan penundaan ini maka negara-negara peserta tentu sudah mengetahui termasuk kita, dan untuk cabang-cabang yang kita persiapkan baik yang sudah lolos maupun yang harua mengikuti beberapa kegiatan kompetisi otomatis berhenti dan kita menunggu tahun 2021,” katanya.

Perubahan jadwal Olimpiade Tokyo membuat tahun 2021 akan menjadi tahun tersibuk bagi olahraga Indonesia.

“Memang bagi kita Indonesia memang agak berat ini karena di tahun 2021 di dalam negeri ada pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021, dan juga kita akan mengikuti SEA Games di Vietnam 2021 berbarengan dengan itu kita juga harus mempersiapkan diri mengikuti Olimpiade 2021 tahun 2021 itu adalah tahun tersibuk buat olahraga Indonesia,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini