BMKG: Warga Hindari Bangunan yang Rawan Ambruk, Gempa Terasa Hingga Bali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 yang menguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur terasa hingga ke Bali. Hampir beberapa titik bangunan mengalami keretakan. BMKG mengimbau agar warga hindari bangunan rawan ambruk.

“Hampir semua wilayah di Bali merasakan getaran gempa. Laporan sementara via radio komunikasi (HT), tidak ada korban dan kerugian serta kerusakan yang terjadi akibat gempa ini,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Bali Made Rentin.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, pusat gempa berada di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang. Gempabumi yang terjadi ini, kata dia, merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi, dengan mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme thrust fault,” kata Bambang.

Kemudian, lanjut Bambang, gempa tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 14.25 WIB, belum ada tanda-tanda yang menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Meskipun begitu, Bambang meminta masyarakat untuk tidak kembali ke dalam rumah/ bangunan. Dia juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang rusak akibat gempa pukul 14.00 tersebut.

“Tidak ada potensi tsunami dan belum menunjukkan gempa susulan tapi sebelum kembali ke dalam rumah, pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan,” ujarnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh hoaks atau informasi apapun yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. Instagram/Twitter @infoBMKG, website bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id. telegram channel (InaTEWS_BMKG).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini