Hujan lebat landa wilayah Indonesia
Ilustrasi hujan lebat

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sabtu 29 Februari 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat. Wilayah tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat yang ditetapkan status siaga hujan lebat.

BMKG menyebut potensi hujan lebat tersebut akan berlaku antara pukul 7.00 WIB pada Sabtu 29 Februari 2020 hingga Minggu 1 Maret 2020 pukul 7.00 WIB.

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG menjabarkan wilayah yang berpotensi terdampak hujan lebat adalah Jakarta Barat (Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah, Tamansari, Tambora), Jakarta Pusat (Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang).

Wilayah lainnya di Jakarta yaitu Jakarta Selatan (Cilandak, Jagakarsa, Kabayoran Lama, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, Setia Budi, Setiabudi, Tebet),

Kemudian di Jakarta Timur (Cakung, Cipayung, Duren Sawit, Jatinegara, Kramatjati, Makasar, Matraman, Pasarrebo, Pulogadung), dan Jakarta Utara (Cilincing, Danau Sunter Dll, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Penjaringan, Tanjung Priok).

Sedangkan untuk wilayah lain, BMKG menyebut di Jawa Barat hujan lebat berpotensi terjadi di Bekasi, Bogor, dan Karawang.

Daerah di Jawa Tengah yang berpotensi hujan lebat adalah Batang, Brebes, Pekalongan, Pemalang, dan Tegal. Untuk Kalimantan Barat, daerah yang berpotensi terdampak adalah Melawi, Sekadau, dan Sintang.

BMKG juga meminta masyarakat untuk berhati-hati bila beraktivitas di luar rumah, mengamankan dokumen-dokumen penting, mengondisikan barang-barang agar aman, mematikan peralatan elektronik, dan tidak menggunakan alat transportasi darat bila tidak mendesak.

“Dan memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, serta mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” kata BMKG.

Selain menyebut lima daerah berstatus siaga hujan lebat, BMKG mencantumkan sejumlah daerah lainnya berstatus waspada, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, Banten, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here