Bio Farma: Tahun 2022 Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Tersedia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Semua ilmuan di dunia sedang bekerja keras untuk menciptakan vaksin untuk virus corona atau covid-19. Di Indonesia, vaksin penangkal virus tersebut bakal tersedia bagi masyarakat pada awal atau pertengahan 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir.  Sementara, uji klinis dilakukan pada kuartal ketiga 2021. Jika hasilnya bagus, vaksin Covid-19 diprediksi tersedia pada 2022.

“Apabila hasil uji klinis bagus, vaksinnya akan tersedia untuk masyarakat pada kuartal pertama 2022 atau pertengahan 2022,” katanya.

Penelitian vaksin ini akan dilakukan oleh Bio Farma, Lembaga Molekuler Eijkman, kementerian dan institusi terkait, dan perguruan tinggi.

Selain mendukung produksi vaksin dalam negeri, Bio Farma juga bekerja sama dengan perusahaan swasta asal Cina Sinovac Biotech dalam memproduksi vaksin penangkal virus Corona.

Honesti mengatakan, Sinovac melakukan uji klinis fase I dan II vaksin Covid-19 pada Juni lalu. Dari uji coba itu, Sinovac menyatakan tidak menemukan efek samping yang parah dan menghasilkan respons kekebalan pada 743 relawan.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan 1.574 kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga Kamis 16 Juli 2020. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan total pasien corona di tanah air saat ini mencapai 81.668 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini