Bio Farma Sebut Vaksin Covid-19 Sinovac Bakal Diproduksi Februari 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bio Farma saat ini sedang melakukan uji klinis tahap ketiga terhadap vaksin covid-19 Sinovac dari Cina. Diperkirakan uji klinis ini baru rampung Januari 2021.

“Jika hasil uji klinis baik, maka produksi vaksin Covid-19 baru bisa dilakukan Februari atau Maret 2021,” ujar Project Integration Management Reseacrh and Development PT Bio Farma, Neni Nurainy, Sabtu 15 Agustus 2020.

Neni menyebut, produksi vaksin covid-19 tergantung dari hasil analisis interim uji klinis fase 3 terhadap para relawan. Analisis interim sendiri baru dilakukan enam bulan setelah penyuntikan vaksin.

Sembari menganalisis interim, Bio Farma menunggu data uji klinis fase 3 vaksin Sinovac di empat negara lain, yakni Bangladesh, Turki, Chile, dan Brazil.

Bila seluruh data dalam negeri dan dari empat negara tersebut terkumpul, selanjutnya diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Neni melanjutkan, produksi vaksin Covid-19 Sinovac dilakukan secara bertahap. Demikian juga dengan distribusi kepada masyarakat dan pihak yang membutuhkan.

“Produksi kemudian rilis untuk dipergunakan. Kemudian produksi lagi untuk digunakan lagi,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini