Bendung Katulampa Siaga 2, Warga Jakarta Siap Dapat Kiriman Air dari Bogor Sore Nanti

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hujan deras yang terus menerus menguyur wilayah Bogor dan sekitarnya membuat tinggi permukaan air di Bendung Katulampa di Kota Bogor pada Rabu 1 Januari 2020 naik lagi menjadi 170 sentimeter atau Siaga II.

Petugas Pintu Air Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa terus naik karena hujan terus turun secara merata.

Menurut Andi Sudirman, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa pada Selasa 31 Desember 2019 sekitar pukul 18.00 WIB adalah 60 sentimeter atau Siaga IV. Sedangkan pada Rabu 1 Januari 2020 pagi ini naik lagi menjadi 170 sentimeter atau Siaga II.

“Air dari Bogor mengalir ke Jakarta membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 jam,” kata Andi.

Menurut Andi, banjir yang sudah terjadi di beberapa lokasi di Jakarta pada pagi ini karena Jakarta juga turun hujan pada Selasa sore hingga malam hari.

Andi mengingatkan warga Jakarta terutama yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai agar lebih berhati-hati dan bersiaga karena air dari Bogor ke Jakarta akan mengalir dalam waktu delapan hingga 12 jam.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warganya yang berada di bantaran sungai mengantisipasi limpahan air banjir.

“Dari Depok kita dapat info di sana sudah siaga dua, artinya sekitar jam tiga sore air akan sampai di Jakarta. Katulampa juga sama, sudah masuk siaga dua. Artinya jam 6 sore airnya akan sampai di Jakarta,” kata Anies.

Anies mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tenda pengungsian. Kebutuhan warga yang terkena dampak banjir juga sudah disediakan. “Seluruh warga yang tinggal di area sungai harus mengantisipasi, jajaran kita sudah siap dengan tenda, tempat pengungsian, kebutuhan makanan dan lain-lain untuk kawasan yang berisiko mendapat limpahan air banjir dari daerah pegunungan,” katanya.

Berikut ini update tinggi muka air di sejumlah titik:

Depok 220 cm/Hujan (siaga 3)
Manggarai 925 cm/Hujan (siaga 2)
Karet 700 cm/Hujan (siaga 1)
Krukut Hulu 200 cm/Hujan (siaga 3)
Pesanggrahan 250 cm/Hujan (siaga 2)
Angke Hulu 320 cm/Gerimis (siaga 1)
Waduk Pluit 60 cm/Gerimis (siaga 4)
Pasar Ikan 190 cm/Gerimis (siaga 3)
Cipinang Hulu 120 cm/Hujan (siaga 4)
Sunter Hulu 200 cm/Hujan (siaga 2)
Pulo Gadung 725 cm/Gerimis (siaga 2)

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini