Bangga! Ini 5 Keunikan Alam yang Hanya Ada di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Masyarakat Indonesia patut berbangga diri dengan keberadaan alamnya. Terdiri dari banyak pulau dan lautan, Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan keindahan alam, mulai dari gunung, laut, hingga hamparan sawah dan hutan.

Namun, tahukan Anda bahwa ada beberapa keindahan alam yang memang hanya ditemukan di tanah air Indonesia. Bahkan tempat tersebut dianggap sebagai sebuah keajaiban, berikut lokasinya:

  1. Kawah Ijen

Terletak di daerah Banyuwangi, Kawan Ijen sekilas memang terlihat seperti gunung berapi biasa, sama seperti gunung lainnya. Namun saat larut malam Anda akan melihat belerang dari gunung berapi akan berwarna biru dan mengelilingi lingkungannya. Kalau Anda ingin berkunjung ke sini dan menyaksikan keindahan alamnya, Anda disarankan memakai masker gas.

  1. Danau Kalimutu

Danau Kelimutu yang terletak di kawasan Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini memiliki tiga warna, yaitu merah, biru dan putih, yang bisa berubah-ubah warnanya.

Perubahan warna itu menurut para ilmuwan disebabkan terjadinya perubahan gas gunung api dan juga bisa karena adanya zat besi dalam fluida yang menghasilkan warna merah dan cokelat tua.

  1. Nyala Abadi Mrapen

Nyala Abadi Mrapen di Madura adalah satu keajaiban alam yang paling terkenal di Indonesia. Menurut legenda setempat, nyala abadi Mrapen muncul ketika Sunan Kalijaga menancapkan tongkatnya ke tanah untuk menemukan air. Ternyata, yang keluar adalah api abadi yang terkenal hingga sekarang.

  1. Garam di atas Gunung Krayan

Masih di Kaltim, satu lagi keajaiban di sini adalah tedapat garam di atas gunung. Garam tersebut berada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut di ketinggian 2.400 mdpl.

Garam gunung yang dihasilkan di Krayan memiliki penampilan yang sama dengan garam laut, yaitu seperti pasir dan berwarna putih. Tetapi, ternyata garam gunung memiliki kandungan yodium yang lebih tinggi dibanding garam laut.

  1. Pasir pantai merah muda

Jika pantai biasanya berpasir putih atau hitam, maka pantai ini mempunyai pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya ada di balik bukit, sehingga sepi dan terpencil. Air laut di sekitar pantainya sangat biru jernih dan menggoda untuk diving atau snorkeling.

Warna pink di pantai ini akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering. Warna pinknya merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini