Bandung Raya Dilanda Siklon Tropis Paddy, BMKG: Tak Hujan Selama 4 Hari

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Fenomena Siklon Tropis Paddy bakal menyebabkan wilayah Bandung Raya tidak diguyur hujan selama empat hari terakhir. Hal itu berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung, Jawa Barat.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pertumbuhan siklon tersebut mulai terjadi sejak 20 hingga 23 November 2021. Sehingga awan hujan yang tumbuh di wilayah barat Pulau Jawa tergeser ke arah Jawa bagian timur hingga sekitar Pulau Bali.

“Dampak yang ditimbulkan dari pertumbuhan siklon tropis ini adalah, meningkatnya kecepatan angin di lapisan 850 mb di sekitar Jawa bagian barat yang dirasakan hingga level permukaan,” katanya.

Dia menjelaskan, tingginya kecepatan angin tersebut menyebabkan terpecahnya awan-awan hujan di sekitar Jawa bagian barat wilayah tengah hingga utara, termasuk Bandung Raya.

Namun berdasarkan pengamatan yang dilakukan TCWC BMKG, ia mengatakan, mulai 25 November 2021 ini Siklon Tropis Paddy sudah tidak aktif. Sehingga diprediksi dalam tiga hari ke depan tidak ada potensi pertumbuhan siklon tropis lainnya.

“Dengan tidak aktifnya Siklon Tropis Paddy, maka potensi hujan akan kembali normal terjadi seperti semula,” kata dia.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk kembali waspada terhadap potensi hujan ringan-sedang yang akan kembali terjadi di wilayah Bandung Raya pasca kejadian Siklon Tropis Paddy.

“Masyarakat juga diimbau untuk waspada terhadap potensi kejadian hujan yang disertai angin kencang yang kembali berpeluang terjadi pada siang hingga menjelang malam hari,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini