arti lambang tunas kelapa di Pramuka
arti lambang tunas kelapa di Pramuka

MATA INDONESIA, JAKARTA-Logo atau lambang dari sebuah organisasi sangatlah penting. Logo melambangkan viss, misi, dan semangat yang ingin diusung oleh organisasi tersebut. Dari situ kita bisa mengetahui bagaimana semangat yang akan diajarkan kepada kita dan bagaimana bisa menyikapi semua ajarannya.

Pernahkah kalian berpikir mengapa gerakan Pramuka Indonesia memilih tunas kelapa sebagai simbol gerakannya? Mengapa bukan tunas tanaman lain, padahal banyak yang memiliki bentuk tunas lebih menarik?

Sebuah simbol haruslah mampu mewakili arti, tujuan, dan filosofi gerakan itu sendiri, bukan logo semata. Tunas kelapa dirasa mampu menjadi simbol mewakili esensi gerakan Pramuka. Seperti tunas kelapa yang banyak memberikan manfaat, Pramuka diharapkan mampu menjadi gerakan yang bisa berguna bagi masyarakat.

Awal mulanya, lambang Gerakan Pramuka berupa gambar siluet tunas kelapa diciptakan oleh seorang Pembina Pramuka, yaitu Bapak Sumardjo Armodipuro. Beliau juga aktif bekerja sebagai Pegawai Tinggi Departemen Pertanian.

Lambang ini sudah digunakan sejak 14 Agustus 1961 lalu, saat Gerakan Pramuka diperkenalkan ke masyarakat. Sejak saat itulah, lambang tunas kelapa ini digunakan pada benda-benda Pramuka, seperti bendera, papan nama, panji, lencana, dan lain-lain.

Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan kegiatan gerakan Pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan Pramuka tersebut. Lalu apa arti tunas kelapa pada gerakan Pramuka? Berikut penjelasannya

  1. Pohon kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal

Istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah kelapa yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

  1. Pohon kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan apapun

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet. Selain itu besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian, serta kesukaran untuk mengabdi pada Tanah Air dan bangsa Indonesia.

  1. Pohon kelapa dapat tumbuh di mana saja

Makna ini diidentikan anggota pramuka bisa membuktikan bahwa bisa menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

  1. Pohon kelapa tumbuh menjulang lurus ke atas

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

  1. Akar kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah

Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.

6. Kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya

Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri kegunaannya kepada kepentingan Tanah Air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here