Amien Rais Disebut Bikin PAN Tandingan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Seakan tak terima kalah dalam kongres beberapa waktu lalu, sebagian kader Partai Amanat Nasional (PAN) kubu Amien Rais mempersiapkan pembentukan partai baru.

Diketahui, Zulkifli Hasan (Zulhas) terpilih kembali menjadi ketua umum mengalahkan Mulfachri Harahap dari kubu Amien Rais.

Politikus PAN Asri Anas yang pada Kongres V PAN berseberangan dengan Zulhas membenarkan informasi itu. Dia mengatakan Amien Rais yang memimpin langsung gerakan pembentukan partai baru.

“Saat ini memang ada proses konsolidasi ya, memang salah satunya yang memberikan pertimbangan itu adalah Pak Amien Rais,” kata Asri yang juga Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, mengutip CNNIndonesia.com, Jumat 27 Maret 2020.

Asri menjelaskan bahwa pembentukan partai baru dilakukan karena Amien dan beberapa tokoh lainnya merasa PAN sudah melenceng dari misi awal. Asri mengatakan ada tokoh nasional yang menyebut PAN saat ini sebagai partai murahan.

Dalam gerakan ini, kata Asri, telah ada 150 pimpinan di provinsi dan kabupaten/kota yang sudah merapat ke kubu Amien Rais. Amien pun disebut sudah memulai safari politik ke penjuru Nusantara untuk memastikan kekuatan di daerah.

Rencana awal, partai baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020. Namun rencana itu ditunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Asri menuturkan partai baru nanti akan diperkuat oleh loyalis Amien Rais dari kalangan aktivis Muhammadiyah dan aktivis 1998. Tiga nama telah disiapkan sebagai opsi nama partai pecahan PAN itu.

“Apakah namanya PAN Reformasi atau ada juga menyebutnya Partai Amanat Rakyat, yang paling bagus ada Partai Amanat Reformasi. Ada tiga opsi saat ini,” katanya.

5 KOMENTAR

  1. Amien bkn kalah.dia ingin ketum partai cukup 1x menjabat…BKN Kya partai sebelah. Toh bkn dia yg ngotot, tpi pendukungnya. Saya jdi teringat ucapan ekonom Faisal Basri ” PAN id nothing without Amien”.

  2. Partai Reformasi, atau pun namanya nanti, menyisakan harapan bahwa akan ada suatu gerakan moral kebangsan yang jujur dan setia pada amanah reformasi..

  3. Setuju Partai Amanat Reformasi di dirikan
    Pasti simpatisan partai banyak yang suka
    Pak Amin itu tokoh luar biasa tiada bandingnya
    Beliau selalu mendidik pemerataan tidak mengajari haus kekuasaan
    Saya kenal betul dengan beliau sejak di masjid syuhada Yogyakarta saat suka ceramah romadhon jaman orde baru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini