Alhamdulillah, Kotak Hitam dan FDR Pesawat Twin Otter yang Jatuh di Papua Ditemukan

Baca Juga
MINEWS, JAKARTA-Kotak hitam (black box) dan FDR pesawat Twin Otter HDC6 seri 400 PK CDC dari Rimbun Air yang jatuh di Papua akhirnya berhasil ditemukan.
Benda penting itu didapat pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIT oleh Tim Vertical Rescue dari Bandung. Kotak hitam itu kemudian dibawa ke Timika pukul 11.00 WIT.
Danlanud Yohanis Kapiyau Timika, Letkol Pnb Sugeng Sugiarto, mengatakan Tim Vertical Rescue telah berhasil dalam misi ini. Black box akan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
“Ini satu paket kotak hitam dan FDR kami serahkan ke KNKT, ” Kata Sugeng, Jumat 27 September 2019.

Sementara itu, pihak tim investigator KNKT Chairul, mengatakan akan melakukan pemeriksaan dan menganalisa isi rekaman kotak hitam dan FDR. Pemeriksaan bisa memakan waktu 5 bulan.

“Kami akan bawa dan akan dilakukan pemeriksaan, menganalisa apa penyebab terjadinya kecelakaan, kata Chairul.

Pesawat itu jatuh di Papua pada Rabu 18 Septembwr 2019 lalu. Anggota VRI Deden Wahyudin mengatakan, penemuan kotak hitam berada di posisi ekor pesawat, yang saat ditemukan berada tepat di atas ujung tebing.
Tim diturunkan secepat mungkin mengingat cuaca di lokasi menjadi hambatan, mudah berubah dalam hitungan menit, dan lokasi berada di sekitar 3 ribuan meter dengan tingkat kemiringan mencapai 70-90 derajat.
Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini