5 Hewan dan Tumbuhan Ini Hanya Ditemukan di Indonesia, Apa Saja?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Indonesia memiliki kekayaan alam yang banyak sekali, terutama flora dan faunanya yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia.

Bahkan tak sedikit keberadaan flora dan faunanya tergolong langka dan hanya hidup di Indonesia. Ini Lima tanaman dan hewan yang memang ada di Indonesia tidak ada di negara manapun, Apa saja?

  1. Komodo

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggambarkan spesies yang satu ini. Komodo bisa ditemukan di pulau-pulau eksotis Indonesia, seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores.

Beberapa orang mengamati ukurannya yang besar, dan menyimpulkan bahwa komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Komodo sendiri memiliki panjang yang mencapai hingga tiga meter.

  1. Kerbau Anoa

Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang sangat kecil (cebol). Terkadang, masyarakat setempat menyebutnya dengan sapiutan.

Anoa tinggal di seluruh hutan hujan di Sulawesi. Kerbau ini tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi. Anoa memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari di mana tempat ia tinggal.

  1. Badak Jawa

Badak jawa atau badak dengan cula satu yang lebih pendek adalah hewan langka lain yang ada di Indonesia. Sebagian besar dari badak ini ditemukan di Pulau Jawa.

Populasinya dari tahun ke tahun semakin menyusut. Badak jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

  1. Gajah Sumatera

Gajah sumatra adalah subspesies dari gajah asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatra. Gajah sumatra berpostur lebih kecil daripada subspesies gajah india. Populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam.

  1. Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera adalah salah satu spesies orangutan yang terancam punah. Hewan ini hanya ditemukan di Kepulauan Sumatera. Orangutan Sumatera liar merupakan hewan pemakan buah dan mereka hanya bertahan hidup di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Tak hanya hewan yang ada di Indonesia yang langka, berikut lima tumbuhan yang hanya ada di Indonesia.

  1. Cendana

Tumbuhan cendana termasuk ke dalam tumbuhan serba guna, karena memiliki banyak manfaat. Kayu cendana dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum, aroma terapi, rempah-rempah, dupa, hingga sangkur keris (warangka). Bahkan, wangi harum yang dikeluarkan olah tumbuhan cendana bisa bertahan sangat lama.

Meskipun tumbuhan cendana sangat diminati, sayangnya cendana bukan tumbuhan yang mudah untuk dibudidayakan. Kecambah cendana merupakan tumbuhan parasite yang membutuhkan parasit untuk menumpang hidup. Hal itu lah yang membuat tumbuhan cendana sangat sulit ditemukan dewasa ini.

  1. Tengkawang

Mungkin kamu tidak terlalu akrab dengan tumbuhan langka yang satu ini. Namun meskipun Namanya tidak terlalu sering didengar, Tengkawang adalah tanaman yang menjadi maskot Provinsi Kalimantan Barat.

Selain terkenal sebagai maskot Provinsi Kalimantan Barat, tumbuhan Tengkawang juga terkenal memiliki berbagai manfaat. Beberapa bagian dari tumbuhan ini bisa diolah menjadi bahan pembuat makanan, pelumas, obat tradisional, sampai kosmetik.

  1. Bunga Bangkai

Mungkin kamu mengira bahwa Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan yang sama, kenyataanya mereka berbeda. Keduanya memiliki sebuah kesamaan, yaitu sama-sama mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun sebetulnya Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldi adalah tumbuhan yang berbeda.

Bau busuk pada Bunga Bangkai bertujuan agar kumbang dan lalat hinggap ke bagian kelopak bunga bangkai sehingga proses penyerbukan akan lebih mudah. Bunga Bangkai merupakan salah satu spesies bunga terbesar di dunia, bunga ini bisa tumbuh sampai memiliki tinggi hingga 5 meter.

  1.  Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi merupakan bunga raksasa dengan bau busuk yang menyengat. Bunga Rafflesia tumbuh melebar ke samping, ketika mekar diameternya bisa mencapai 1 m dengan berat mencapai 10 kilogram.

Untuk mencapai bunga besar dibutuhkan masa tumbuh hingga 9 bulan. Namun bunga ini hanya mekar selama 7 hari sebelum kemudian layu dan mati. Bunga ini tidak dapat hidup langsung di tanah.

Kelangsungan hidupnya sangat bergantung pada tumbuhan inang. Bunga Rafflesia mudah dijumpai di daerah Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

  1. Edelweiss Jawa

Tumbuhan langka yang berikutnya adalah Edelweiss Jawa. Tumbuhan Edelweiss Jawa juga dikenal dengan nama Bunga Senduro. Habitat bunga ini yaitu di sekitar pegunungan wilayah Pulau Jawa yang biasanya tumbuh berkembang setelah terjadinya erupsi.

Saat ini, kamu bisa menikmati keindahan Edelweiss Jawa di Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-alun Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini